Jurnal Progresif Pendidikan, Vol. 7, No. 2, 2022

Jurnal Progresif Pendidikan merupakan jurnal yang memuat artikel penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Jurnal ini terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei, dan September.

Judul JurnalJurnal Progresif Pendidikan
EdisiVol. 7, No. 2, Mei – Agustus 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit4 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2527-6700

DAFTAR ISI

KHAIRANI KHAIDIR, S.Pd.
SMP Negeri 3 Rupat, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode diskusi Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Rupat. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes yaitu melalui observasi atau pengamatan aktivitas guru maupun siswa. Data prasiklus menggambaran perolehan nilai 90 – 100 (kategori baik sekali sebanyak 0 siswa (0,00%) memperoleh nilai 80-90 (kategori baik), sebanyak 3 siswa (10,71%), memperoleh nilai 70-79 (kategori kurang). Pada siklus pertama pertemuan pertama sebanyak 8 siswa (28,75%), memperoleh nilai (60-79) Sebanyak 4 siswa (14,28%), memperoleh nilai > 60, sebanyak 12 siswa, Siklus kedua siswa memperoleh nilai 90-100 (kategori Baik Sekali), sebanyak 4 Siswa (14,28%) sedangkan pada siklus kedua meningkat meningkat menjadi 5 Siswa (17,85%). Siswa yang memperolehnilai 80- 89 (kategori baik), pada siklus 1 sebanyak 8 Siswa (28,57%), pada siklus 2 sebanyak 4 Siswa (14,28%), memperoleh nilai 70-79 (kategori kurang) pada siklus 1 sebanyak 8 Siswa (28,75%). Pada siklus 2 sebanyak 13 orang (46,42%) memperoleh nilai >60, pada siklus 1 sebanyak 5 siswa (17,85%), pada Siklus ke 2 sebanyak 0 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Disarankan kepada guru mata pelajaran IPS dan guru mapel lainnya untuk menerapkan metode diskusi pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: hasil belajar, metode diskusi

SULJAMI EDY, S.Pd.
Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kompetensi guru melalui PKG, (2) peningkatan kinerja guru melalui PKG, dan (3) proses penilaian kinerja guru pada madrasah binaan Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kaji tindak (action research) yaitu penelitian tindakan kepengawasan (supervising action research). Tahapan penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus masing-masing siklus mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dilaksanakan secara terprogram dan terstruktur sesuai dengan jadwal penelitian tindakan dan disinkronisasikan dengan program kepengawasan, sesuai mekanisme pelaksanaan PKG yang telah ditentukan berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 1843 Tahun 2021. (2). Kompetensi hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) hasil observasi pra siklus adalah 74,78 pada siklus I kompetensi menjadi 85,68 dan pada siklus II menjadi 91,17. Terjadi peningkatan kompetensi sebesar 10,90 poin dari pra siklus ke siklus I dan terjadi peningkatan 5,49 poin dari siklus I ke siklus II. (3). Tingkat keberhasilan Penilaian Kinerja Guru (PKG) hasil observasi pra siklus adalah 45% pada siklus I kompetensi menjdi 87,50%, dan pada siklus II menjadi 100%. Terjadi peningkatan tingkat keberhasilan PKG sebesar 42,50% dari pra siklus ke siklus I dan terjadi peningkatan 12,50% dari siklus I ke siklus II. (4) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dapat meningkatkan kompetensi guru Madrasah binaan Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong.

Kata Kunci: penilaian kinerja guru, kompetensi, dan kinerja

MALIK JALALUDIN, S.Pd.
SDN 2 Kaliwuluh, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatan minat guru dalam menyusun administrasi pembelajaran dengan menerapkan pembinaan akademik secara berkelanjutan pada guru SD Negeri 2 Kaliwuluh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo semester 2 tahun pelajaran 2019/2020; (2) untuk meningkatan kompetensi guru dalam menyusun administrasi pembelajaran dengan menerapkan pembinaan akademik secara berkelanjutan pada guru SD Negeri 2 Kaliwuluh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan sekolah terdiri dari 2 siklus. Penerapan pembinaan akademik berkelanjutan dapat meningkatkan minat guru menyusun administrasi pembelajaran pada SD Negeri 2 Kaliwuluh semester 2 Tahun pelajaran 2019/2020, dari pra siklus rendah yakni ada 2 guru dengan nilai sedang dan 5 guru dengan nilai rendah dan tidak ada guru yang mendapat nilai tinggi. Pada siklus II meningkat menjadi 5 guru mendapat nilai sedang dan 2 guru mendapat nilai rendah dan tidak ada guru mendapat nilai tinggi. Pada siklus 2, terdapat 6 guru mendapat nilai tinggi dan 1 guru mendapat nilai sedang. Penerapan pembinaan akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru menyusun administrasi pembelajaran pada SD Negeri 2 Kaliwuluh semester 2 Tahun pelajaran 2019/2020, dari pra siklus 65,71 menjadi 72,28 pada siklus I, dan menjadi 80 pada akhir siklus II.

Kata Kunci: minat guru, kemampuan guru, RPP, pembinaan akademik secara berkelanjutan

SUPARMAN, S.Pd.
SMP Negeri 2 Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: penerapan model Savi dalam pembelajaran matematika Terpadu pada siswa kelas 8F SMP Negeri 2 Magetan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Savi dalam pembelajaran matematika Terpadu di SMP Negeri 2 Magetan ditandai dengan siswa aktif di kelas, dan siswa terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 60,8 dengan ketuntasan 7 siswa (35%) pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 67,9 dengan ketuntasan 17 siswa (65%) pada KKM 70. Pada siklus III nilai rata-rata kelas baru mencapai 84,4 dengan ketuntasan 20 siswa (100%) pada KKM 70. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata Kunci: model pembelajaran, belajar SAVI

CATUR WAHYUNINGSIH S.Pd.
SDN Kapulogo, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kinerja guru dalam mengelelo kelas melalui metode supervise akademik teknik kunjungan kelas pada guru di SD Negeri Kapulogo Tahun pelajaran 2018/2019. Penerapan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh Guru SD Negeri Kapulogo sebanyak 5 guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, soal tes tertulis. Berdasarkan analisis, hasil tes dan observasi yang sudah dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kegiatan guru sehingga kinerja guru meningkat pada setiap siklusnya. Hasil nilai rata-rata pada pra siklus 60,00.Pada siklus I nilai ratarata menjadi persentase ketuntasan 70,00%. Pada siklus II meningkat lagi dengan persentase ketuntasan 83.00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Supervisi Akademik Teknik Kunjungn Kelas dapat meningkatan kompetensi guru pada Guru V SD Negeri Kapulogo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: supervisi akademik, kompetensi guru, teknik kunjungan kelas

AGUS PRIHANDOKO, S.S., M.Pd.
SMA Negeri 1 Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode informasi berantai terhadap hasil belajar memahami tembang macapat siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Plaosan tahun pelajaran 2021/2022 Semester 2. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan, mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2022. Penelitian ini berbentuk penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian One Grop Pretest Postest Design. Sumber data penelitian berupa peristiwa pembelajaran memahami temabng macapat dan dokumen terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan dan Tes. Teknik Analisis yang digunakan adalah teknik prasyarat dan teknik uji hipotesis. Teknik prasyarat dengan menggunakan One-Sample KolmogorovSmirnov Test dengan program SPSS untuk menentukan normalitas data. Sedangkan analisis hipotesis menggunakan uji pired samples test untuk menguji pengaruh metode informasi berantai terhadap hasil belajar memahami tembang macapat siswa kelas X IPA tahun pelajaran 2021/2022 Semester 2. Berdasarkan data diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha dierima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest. Artinya terdapat pengaruh penggunaan metode informasi berantai terhadap hasil belajar memahami tembang macapat siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Plaosan Tahun Pelajaran 2021/2022 Semester 2.

Kata Kunci: metode informasi berantai, tembang macapat

HARYANTO, S.Pd.
SMP Negeri 1 Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Dalam pembelajaran Bahasa Jawa diperlukan suatu upaya yang dilakukan oleh guru yaitu upaya habituasi kepada para peserta didik. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik dalam pembelajaran, agar terbentuk generasi yang berkualitas berbudaya yang menjadi identitas peserta didik sendiri. Upaya habituasi dilakukan dengan cara peniruan dan peneladan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik sehingga mudah untuk dimengerti, dipahami, dan diaplikasikan pada kehidupan bermasyarakatnya, hal ini juga diperkuat dengan berberapa faktor dukungan yang hadir melalui masyarakat dan pemerintah. Namun penerapan upaya habituasi bukan berarti tanpa hambatan seperti halnya permasalahan diera modern, kehadiran bahasa jawa kurang diperhatikan dan masyarakat cenderung menggunakan bahasa-bahasa lain yang lebih bersifat universal seperti bahasa Indonesia mauapun bahasa inggris. Hal tersebut dikarenakan pola pikir bahwa bahasa jawa adalah bahasa yang sulit untuk bisa dipelajari dan dimengerti juga sebagai bahasa yang bersifat regional dan parsial. Melalui proses habituasi berbahasa jawa, guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik berupaya meningkatkan kemampuan berbahasa jawa peserta didik. Hal ini sangat penting dilakukan karena semakin sering peserta didik mendengar, melihat, membaca, dan menyuarakan bahasa jawa akan mempermudah para peserta didik untuk mengerti, memahami, dan mengaplikasikan keterampilan kebahasaan di dalam masyarakat.

Kata Kunci: habituasi, pembelajaran Bahasa Jawa

WAHYU KURNIAWAN A., S.Pd.
SMA Negeri 1 Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik permainan terhadap penyesuaian diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Magetan, dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Magetan yang memiliki tingkat penyesuaian diri yang rendah. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis penyesuaian diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyesuaian diri padasiswa. Tingkat penyesuaian diri siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan berada pada kriteria rendah (41,46%), dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan masuk dalam kategori tinggi (69,92%).

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik permainan, penyesuaian diri siswa

SITI KOLIPAH, S.Pd.
Kepala SDN 1 Jambuwer, Kec. Kromengan, Kab. Malang, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuana untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SD Negeri 1 Jambuwer dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui pembinaan dalam bentuk In House Training (IHT) guna melatih guru dalam menyusun proposal PTK melalui penerapan model Mind Mapping. Pembinaan guru SD Negeri 1 Jambuwer dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan model Mind Mapping pada Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan dalam 2 siklus kegiatan, dimana pada pelaksanaan Siklus I, materi pembinaan difokuskan pada kemampuan menyusun latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Sedangkan pada pelaksanaan Siklus II, materi pembinaan difokuskan pada kemampuan menyusun kajian pustaka dan metodologi penelitian. Dari kedua siklus tersebut, model Mind Mapping diterapkan secara berkelompok agar peserta dapat lebih mudah merumuskan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembinaan melalui model Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan kompetensi profesional guru SD Negeri 1 Jambuwer dalam penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), hal ini ditandai dengan hasil pengisian instrumen penelitian yang berisi kemampuan peserta dalam menyusun: (1) halaman depan; (2) bagian Bab I Pendahuluan; (3) bagian Bab II Kajian Pustaka; dan (4) Bagian Bab III Metode Penelitian, dimana pada pelaksanaan Siklus I menghasilkan jumlah nilai rata-rata sebesar 58,1% dan pada pelaksanaan Siklus II meningkat menjadi 83,1%.

Kata Kunci: peningkatan, kompetensi profesional, mind mapping

SISWADI, S. Pd.
SDN 1 Kepil, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan kompetensi professional guru di SD Negeri I Kepil Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020 . Subjek pembelajaran yaitu seluruh guru SD Negeri 1 Kepil Semester 2 Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 8 guru. Objek penelitian ini adalah kompetensi professional guru dengan pendekatan supervise kolaboratif. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Peningkatan kompetensi profesional guru di SDN 1 Kepil Kecamatan Kepil dari pra-siklus ke siklus 1 sebesar 12,14 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 50.4 dengan kriteria kurang dan pada siklus 1 sebesar 62,54 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9.65 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 72,19 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN 1 Kepil Kecamatan Kepil dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.

Kata kunci: pendekatan supervisi kolaboratif, kompetensi profesional guru

SUTRISNO, S.Pd., M.M., M.Pd.
Koordinator Wilayah sekaligus Pengawas SD di Lingkup Dinas Pendidikan Kec. Wajak Kab. Malang, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembinaan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, terutama dalam membuat modul ajar sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun 2022. Salah satu jenis pembinaan guru yang dapat dilaksanakan adalah berupa In House Training (IHT). Pelaksanaan kegiatan pembinaan sebagai upaya untuk kompetensi pedagogik guru-guru di wilayah Kecamatan Wajak melalui pembinaan dalam pembuatan modul ajar persiapan implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan dalam 2 Siklus yang terbagi menjadi 2 kali pertemuan, dimana pada pelaksanaan Siklus I, peserta diberi tugas untuk membuat modul ajar sebagaimana materi yang telah dipaparkan oleh peneliti selaku narasumber. Sedangkan pada pelaksanaan Siklus II, peserta diberi tugas untuk memaparkan modul ajar hasil buatannya untuk kemudian dipilih secara bersama-sama guna dijadikan file template. Kegiatan pembinaan terbukti dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan modul ajar persiapan implementasi Kurikulum Merdeka, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase nilai kompetensi pedagogik guru dengan indikator kemampuan guru dalam membuat skenario kegiatan pembelajaran, menyusun materi, alat, dan bahan ajar, menyusun rubrik penilaian, dan menyusun Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Jika pada pelaksanaan Siklus I masih diperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 63,54%, maka pada pelaksanaan Siklus II sudah meningkat menjadi 90,63%.

Kata Kunci: peningkatan, kompetensi pedagogik, pembinaan

SUPARLAN, S.Pd.
SD Gonggang 2, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendiskripsikan penerapan supervisi supervisi edukatif kolaboratif pada peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di SDN Gonggang 2 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah yang dilakuklan dalam bentuk siklus. Berdasarkan temuan hasil penelitian ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni terjadi peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II. (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran yaitu dari 71,98% manjadi 92,44%, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran dari 72,44 menjadi 93,81, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar dari 81,3% mwenjadi 90,56, (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa dari 59,76 menjadi 83%.

Kata kunci: supervisi akademik, pengelolaan pembelajaran

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.