Jurnal Ekspresi Pendidikan, Vol. 8, No. 2, 2022

Jurnal Ekspresi Pendidikan merupakan jurnal yang memuat hasil penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan. Bersama pendidik dan tenaga kependidikan berkarya dalam dunia pendidikan.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Ekspresi Pendidikan
EdisiVol. 8, No. 2, April – Juni 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2477-5207

DAFTAR ISI

FATMAH, S.Ag.
MTs Alkhairaat Kalukubula, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Group Investigation dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akidah akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Kalukubula Kabupaten Sigi Propinsi Sulawesi Tengah dengan mengambil sampel kelas IX B sebanyak 25 siswa. Aktivitas belajar siswa secara individu yang diamati menunjukkan kenaikan dari siklus ke siklus. Pada siklus I aktivitas siswa rata-rata 52%, pada siklus ke II terjadi peningkatan sampai 72,67% sedangkan pada siklus III mencapai 95,33%. Aktivitas siswa secara kelompok yang diamati juga terjadi kenaikan di siklus I rata-rata aktivitasnya 58% dan 82% pada siklus II sedangkan pada siklus III mencapai 94%. Aktivitas guru dalam pembelajaran yang diamati oleh observer, pada siklus pertama rata-rata 64% pada siklus II rata-rata 80% sedangkan pada siklu III mencapai rata-rata 96,47%. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar pada posisi 58,82%, pada siklus II mencapai ketuntasan 84% sedangkan pada siklus III mencapai ketuntasan 100%. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akidah Akhlak pada materi adab bertetangga.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, group investigation

RUKO’IYAH, S.Pd., M.Pd.
SMP Negeri 1 Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA materi ”Getaran dan Gelombang” dengan menerapkan Model Experiential Learning pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo; dan (2) Mendeskripsikan prestasi belajar IPA materi pokok ”Getaran dan Gelombang” dengan menerapkan Model Experiential Learning pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan; tahap kegiatan dan pelaksanaan; tahap observasi dan interpretasi; dan tahap refleksi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 76,68 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 73,53% (25 sisiwa). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80,5 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 91,18% (31 siswa).

Kata Kunci: IPA, Getaran dan Gelombang, model Experiential Learning

EDI KURNIAWAN. S.Pd.
SDN 3 Banyumudal, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam pengembangan media Roda Putar materi ASEAN, 2) mengukur kevalidan media Roda Putar materi ASEAN, dan 3) mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa pada materi ASEAN sebelum dan setelah menggunakan media Roda Putar. Penelitian ini mengadaptasi model Richey and Klein yang mempunyai 3 tahapan, yaitu Planning, Production, Evaluation. Data dianalisis dengan menggunakan Research, Design, Production, Evaluation (RDPE). Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan media yang diharapkan pendidik dan peserta didik adalah media disajikan dengan bahan kayu dan warna yang variatif. Tinggi roda putar yang diinginkan ±52 cm dengan ukuran stiker ±19cm x 19cm. Panah tunjuk berada dibagian atas media Roda Putar dan bahasa yang digunakan bahasa Indonesia dengan penyampaian yang mudah dipahami. Media Roda Putar dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan ke peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai rerata 84,71% dan dari ahli media memperoleh nilai rerata 85,38%. Uji coba produk dari hasil angket siswa diperoleh persentase rata-rata 87,8% dengan katagori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media Roda Putar layak digunakan sebagai media pembelajaran materi ASEAN kelas VI. Roda putar Pintar juga berhasil memperbaiki hasil belajar materi ASEAN. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar posttest yaitu 90%. Persentase ini lebih besar daripada persentase ketuntasan hasil belajar pretest, yaitu 30%.

Kata Kunci: pengembangan, media roda putar, ASEAN

PUDJI RAHAYU, S.Si, M.Pd.
SMP Negeri 4 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi prestasi belajar siswa melalui Role Playing Modification Ball dalam kegiatan pemahaman materi cermin lengkung dan lensa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas VIIIF semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 29 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA melalui metode Role Playing Modification Ball dapat berlangsung dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh data bahwa pada siklus I, keterlaksanaan (keberhasilan) metode Role Playing Modification Ball oleh siswa mencapai 62,5% dan dikategorikan baik sedangkan pada siklus II, persentase keberhasilannya mencapai 100% dan dikategorikan sangat baik. (2) Penerapan metode Role Playing Modification Ball pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I, hasil prestasi belajar siswa yang diukur dengan nilai unjuk kerja (pelaporan metode Role Playing Modification Ball) menunjukkan bahwa sebanyak 12 siswa (41,4%) tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 17 siswa (58,6%) dengan rerata 68,5 Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (86,2%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (13,8%) dengan rerata 82,93. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II.

Kata Kunci: Role Playing Modification Ball, pembelajaran IPA, cermin dan lensa

MULYATI, S.Pd.SD
SDN 1 Pecekelan, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang Pengemangan Media MIKABUDI (Miniatur Keanekaragaman Budaya Indonesia) Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 1 Pecekelan Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan ini sesuai dengan karakteristik jenis penelitian Research and Development (R&D) yaitu untuk menghasilkan produk. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pecekelan Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran MIKABUDI (Miniatur Keanekaragaman Budaya Indonesia) ini memiliki tingkat kevalidan yang tinggi. Hasil validasi dari uji coba pemakaian diperoleh presentase sebesar 94,63% dengan kategori “sangat valid” sehingga media pembelajaran MIKABUDI (Miniatur Keanekaragaman Budaya Indonesia) ini sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran Tematik.

Kata Kunci: media, MIKABUDI, tematik

SUTELAH, S.Pd., M.Pd.
SMP Negeri 1 Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS materi pokok ”Potensi Sumber Daya Alam Indonesia” siswa kelas VII- D SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020 dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT; dan (2) Mendeskripsikan prestasi belajar IPS materi pokok ”Potensi Sumber Daya Alam Indonesia” siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo Tahun ajaran 2019/2020 dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan (planning); pelaksanaan tindakan (acting); observasi (observing) dan analisis data; dan refleksi (reflecting). Dari hasil analisis didapatkan menunjukkan bahwa prestasi peningkatan yang signifikan. Pada tahap pratindakan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 69,92 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 siswa atau 33,33%. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 77,22 dan siswa yang tuntas belajar 22 siswa atau sebesar 61,11%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata kelas sebesar 81,42 dan siswa yang tuntas belajar 31 siswa atau sebesar 86,11%.

Kata Kunci: IPS, model NHT, potensi sumber daya alam indonesia

SUKANTO, S.Pd.SD
SDN 3 Garung, Kec. Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) menjelaskan proses penyusunan media roda putar materi keragaman suku dan budaya berbasis HOTS siswa kelas IV di SD Negeri 3 Garung, (2) menjelaskan kemenarikan penggunaan media roda putar pada materi keragaman budaya di negeriku berbasis HOTS siswa kelas IV di SD Negeri 3 Garung, (3) menjelaskan efektivitas penggunaan media roda putar pada materi keragaman suku dan budaya berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Garung. Hasil penelitian pengembangan media roda putar materi keragaman suku dan budaya pada kelas IV siswa SD Negeri 3 Garung menyatakan bahwa (1) media roda putar ini mendapatkan presentase kevalidan sebesar 84% dari ahli materi, dan 82% dari ahli desain media, (2) media roda putar ini memiliki tingkat kemenarikan sebesar 86,18%, (3) hasil nilai post test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dibandingkan hasil nilai pre test , yakni dengan perbedaan rata-rata nilai sebesar 17,7%. Sehingga terdapat perbedaan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media roda putar keragaman. Maka dapat disimpulkan bahwa media roda putar berbasis HOTS mampu meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: media roda putar, hots, keragaman suku dan budaya, hasil belajar

SUPRAPTI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Panekan, Magetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Panekan, Magetan yang berjumlah 26 siswa. Tindakan pembelajaran siklus I siswa bermain peran berdasarkan naskah percakapan. Siswa tidak mengalami kendala dalam aspek kebahasaan (kosa kata/ungkapan dan struktur kalimat yang digunakan) dan aspek nonkebahasaan (keberanian, keramahan, dan sikap). Tindakan bermain peran siklus II berdasarkan naskah drama. Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan (tekanan, ucapan, serta nada dan irama) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran dan penguasaan materi) yang masih kurang. Pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode bermain peran berdasarkan naskah drama menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 65,19 dengan persentase ketuntasan sebesar 19,23%, (2) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 74,7 dengan persentase ketuntasan sebesar 50%, (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 77,7 dengan persentase ketuntasan 76,9%.

Kata kunci: keterampilan berbicara, bermain peran

SUHARTI, S.Pd.SD
SDN 2 Bejiarum, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan minat siswa terhadap panghafalan dan pendalaman materi IPA di SD Kerangka Manusia. Peneliti bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi materi kerangka manusia untuk kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE yang terdiri lima tahapan pengembangan yaitu analisis, design, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran Your Bone’s Video Animation merupakan video animasi yang berisi pengertian kerangka, fungsi kerangka, bagian kerangka, gangguan atau penyakit pada tulang dan juga cara menjaga kesehatan tulang. Pengembangan media ini memiliki tahapan seperti pemilihan materi yang padat dan juga tugas siswa. Video animasi ini dapat digunakan peserta didik maupun pendidik melalui smartphone atau laptop.

Kata kunci: Your Bone’s Video Animation, IPA, kerangka manusia

ULUL HIDAYATUR ROFIQ, S.Pd.
SMP Negeri 1 Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Prakarya materi kerajinan dari bahan limbah anorganik siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek; dan (2) Mendeskripsikan prestasi belajar Prakarya materi kerajinan dari bahan limbah anorganik siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan; implementasi dan observasi, refleksi, dan revisi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa keterampilan siswa dalam membuat kerajinan dari bahan limbah anorganik, setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,89 dan ketuntasan belajar secara klasikal 72,22% (26 siswa yang tuntas atau memperoleh nilai sesuai dengan ketuntasan belajar yang ditentukan yaitu ≥75). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 80,17, dan ketuntasan belajar secara klasikal 91,67% (33 siswa yang tuntas atau memperoleh nilai sesuai dengan ketuntasan belajar yang ditentukan yaitu ≥75)

Kata Kunci: keterampilan, kerajinan dari bahan limbah anorganik, model pembelajaran berbasis proyek

HERNAENI, S.Pd.SD
SDN 2 Bojasari, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Pembelajaran daring yang monoton membuat siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang cocok untuk menindaklanjuti hal tersebut salah satunya adalah media pembelajaran daring interaktif berbasis power point dengan fungsi hyperlink. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran daring interaktif berbasis Power Point dengan fungsi Hyperlink pada mata pembelajaran tematik tema 7 sub tema 2. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Dengan adanya penggunaan power point dengan fungsi hyperlink pembelajaran berjalan jarak jauh berjalan dengan baik dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran meskipun dari rumah. Adapun hasil analisis penggunaan power point dengan fungsi hyperlink data tersebut memperoleh kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal itu, maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: power point, fungsi hyperlink, media interaktif, pembelajaran jarak jauh

SAFRIDA YUNIWATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga peta, atlas dan globe dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 2 Parang Kab. Magetan, Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 2 Parang Kab. Magetan dengan menggunakan alat peraga peta, dan atlas. Metode pengumpulan dan menggunakan metode penelitian tindaka kelas, yaitu dengan melakukan tindakan berupa menggambarkan alat peraga peta, atlas dan globe, dalam pelajaran IPS materi pokok peninggalan sejarah dan menggunakan observasi yaitu untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran kemudian digunakan sebagai masukan dalam rangka mempebaiki pembelajaran,serta menggunakan alat peraga peta atlas dan globe, pada mata pelajaran IPS di kelas VII A SMP Negeri 2 Parang Kab. Magetan, Kesimpulan dari peneliitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga peta, atlas dan globe dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 2 Parang Kab. Magetan Pada tindakan siklus I mampu meningkatkan prestasi siswa dari nilai rata-rata 55 menjadi 6.4 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,33

Kata kunci: alat peraga, IPS, peta

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.