Jurnal Ekspresi Pendidikan, Vol. 8, No. 4, 2022

Jurnal Ekspresi Pendidikan merupakan jurnal yang memuat hasil penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan. Bersama pendidik dan tenaga kependidikan berkarya dalam dunia pendidikan.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Ekspresi Pendidikan
EdisiVol. 8, No. 4, Oktober – Desember 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2477-5207

DAFTAR ISI

ROSALINA, S.Pd., M.Pd.
MAN 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk peningkatkan prestasi belajar Matematika materi Turunan Fungsi Aljabar melalui implementasi metode Problem Solving pada siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah di semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 bulan minimal 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 31 siswa XI IPA 1 MAN 2 Kota Palu. Teknik pengumpulan data prestasi belajar siswa dengan tes belajar. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif, yaitu rata-rata nilai tes prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi metode Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Turunan Fungsi Aljabar pada siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Kota Palu yang dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata prestasi belajar mencapai 59,52; pada siklus I meningkat menjadi 68,87 namun hasil ini belum mencapai KKM yang ditentukan sehingga perlu dilakukan kembali Siklus II. Pada siklus II dengan rata-rata prestasi belajar meningkat lagi menjadi 83,71. Adapun ketuntasan belajar kelas pada prasiklus didapatkan hanya 7 siswa atau 22,58% dari 31 siswa tuntas. Prestasi belajar siswa Pada siklus I ada sejumlah 15 siswa yang berhasil tuntas atau 48,39%. Prestasi belajar siswa Pada siklus II ada 30 siswa tuntas atau 96,77%.

Kata Kunci: prestasi belajar, matematika, problem solving

SUWARNO, S.Pd., M.M.
Pengawas SD Dinas Pendidikan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengoptimalkan pendekatan pembelajaran berbasis ativitas yang digunakan dalam kegiatan guru mata pelajaran semester Ganjil di SD Negeri Cepoko, SD Negeri 1 Salamrojo dan SD Negeri 2 Salamrojo kabupaten nganjuk pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis aktivitas dimungkinkan dapat Mengoptimalkan prestasi hasil belajar dan motivasi belajar di kelas kelas Guru Mata Pelajaran Semester Ganjil di SD Negeri Cepoko, SD Negeri 1 Salamrojo dan SD Negeri 2 Salamrojo, Kabupaten Nganjuk pada Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Guru Mata Pelajaran pada Penggunaan media Pembelajaran yang efektif. Pada siklus I ketercapaian batas minimal nilai 7 (cukup) mencapai 65% dan pada siklus II mencapai 92,5%.

Kata kunci: strategi pembelajaran, metode pendeatan berbasis aktivitas.

MARTONO, S.Pd.SD.
SD Negeri 2 Glagah, Kec. Sapuran, Kab.Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran tematik sesuai amanat kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Glagah Korwil Dinas Dikpora Kecamatan Sapuran pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022, melalui supervisi akademik teknik kunjungan kelas. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 4 kegiatan tatap muka dan sebelum dilaksanakan siklus 1 terlebih dahulu dilaksanakan kondisi awal untuk mengetahui secara tepat kemampuan guru-guru SD Negeri 2 Glagah dalam pembelajaran tematik. Adapun yang menjadi subjek adalah guru SD Negeri 2 Glagah sebanyak 6 orang yang menjadi tanggung jawab penulis dan yang objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyususun rencana pelaksaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran tematik. Kemampuan guru-guru SD Negeri 2 Glagah dalam menyusun RPP tematik setelah diberi tindakan dari nilai rata-rata 2,86 (57,2%) pada kondisi awal, naik menjadi rata-rata 3,47 (69,4%) pada siklus 1 dan naik menjadi rata-rata 4,24 (84,8%) pada siklus 2. Kemampuan guru-guru SD Negeri 2 Glagah dalam melaksanakan pembelajaran tematik setelah diberi tindakan dari nilai rata-rata 3,00 (60%) pada kondisi awal, naik menjadi rata-rata 4,00 (80%) pada siklus 1 dan naik menjadi rata-rata 4,37 (87,4%) pada siklus 2.

Kata Kunci: kemampuan guru, pembelajaran tematik, supervisi akademik, kunjungan kelas

GUNAWAN WIBISANA, S.Pd., M.Si.
SMP Negeri 3 Ngrambe, Kabupaten Ngawi, JawaTimur

Abstrak: Tujuan best practice ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran (SIMPEL) pada pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 3 Ngrambe. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pemanfaatan aplikasi SIMPEL di SMP Negeri 3 Ngrambe dapat mengatasi keterbatasan perangkat teknologi dan keterbatasan koneksi internet yang dimiliki peserta didik karena fleksibilitas penjadwalan pembelajaran yang ada di dalam aplikasi SIMPEL. Fleksibilitas penjadwalan tersebut menjadikan peserta didik dengan kendala kepemilikan gadget yang bergantian dengan orang tua ataupun kendala koneksi internet, tetap dapat mengikuti pembelajaran yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang aplikasi SIMPEL penunjang pembelajaran jarak jauh dan bisa memberikan suasana baru kepada peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: pembelajaran daring, aplikasi SIMPEL,

Dra ENI SRI ISTANTI
SMP Negeri 2 Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa setelah diterapkan model Pembela jaran Project Based Learning pada siswa klas VIII C semester ganjil di SMP Negeri 2 Karangrejo, Kabupaten Magetan tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bantuk siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mempergunakan rumus mean atau rata-rata. Peningkatan hasil belajar siswa tampak pada meningkatnya nilai rata-rata prestasi belajar siswa dari siklus semester ganjil di SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2022/2023 mulai dari ketuntasan klasikal siklus I 40,00%, siklus II 65% dan siklus III menjadi 90% . ke siklus pada pembelajaran IPS mulai siklus I nilai rata-rata 68,25 meningkat 5 poin menjadi 73,25 pada siklus II kemudian meningkat 6,5 poin menjadi 79,75 pada siklus III. Secara klasikal dari siklus ke siklus pada pembelajaran IPS siswa Kelas VIII C.

Kata kunci: model pembelajaran Projek Based Learning, prestasi belajar, Interaksi Negara-negara Asean

PARMIN, S.Pd.SD.
SDN Panerusan, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan bimbingan berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi pembelajaran di SD Negeri Panerusan Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dengan 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah dapat disimpulkan sebagai berikut: Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus. Terjadi peningkatan sebesar 37,50% Yaitu 62,5% pada siklus 1 meningkat menjadi 100% pada sikkus 2. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti.

Kata Kunci: kompetensi guru, perangkat pembelajaran, bimbingan berkelanjutan

YAYUK SAHITNOWATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Inkuiri terbimbing menggunakan lembar kerja siswa pada siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Wungu Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus melalui empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refkeksi. Analisa hasil siklus satu maupun siklus dua yaitu berupa data hasil observasi dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan hasil tes dianalisis untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar. Cara menganalisis dengan membandingkan hasil perolehan antara siklus I dan siklus II. Perbandingan antara indikator ketercapaian, siklus I dan II. Peningkatan ini terlihat pada hasil tes yang meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 3 dari indikator ketercapaian sebesar 75, dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 13% dari indikator ketercapaian sebesar 75%.

Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa

PONIRAN, S.Pd.
SDN Sumbersawit 3, Kec. Sidorejo, Kab. Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian untuk untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PPKn pada siswa Kelas IV SDN Sumbersawit 3 Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini metode yang digunakan adalah Teknik Penelitian Tindakan Kelas dengan mengimplementasikan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Dari hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulanantara lain: 1) Implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan proses belajar PPKn pada siswa Kelas IV SDN Sumbersawit 3 Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan selama proses belajar mengajar semua indikator telah mencapai kategori baik dan baik sekali, 2) Implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa Kelas IV SDN Sumbersawit 3 Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan terjadinya kenaikan nilai rata-rata siswa dari siklus I adalah 71,67, siklus kedua nilai rata-rata belajarnya adalah 74,17 dan siklus ketiga nilai rata-rata belajarnya adalah 85,83. Sedangkan ketuntasan belajar siklus pertama adalah 58,33%, siklus kedua ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 75% dan pada siklus ketiga ketuntasan belajarnya meningkat meningkat menjadi 100%. Oleh karena pada siklus III hasil ketuntasan belajar secara klasikal telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya, maka penelitian ini dinyatakan telah berhasil.

Kata kunci: prestasi belajar, PPKn, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

MUHAMMAD WAHID SULTON, S.Pd.SD.
SD Negeri Surengede, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap kedisiplinan siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan menggunakan model pembelajaran Group investigation berbantu media smart card. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada tema peristiwa dalam kehidupan sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan dengan menggunakan model pembelajaran Group investigation berbantu media smart card dapat meningkatkan hasil belajar dan Sikap kedisiplinan siswa. Diperoleh hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Bagi siswa kelas V semester 2 SD Negeri Surengede Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo tahun 2021/2022 dari pra siklus 68 menjadi 83 Pada akhir siklus 2. Hasil sikap kedisiplinan siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Bagi siswa Kelas V semester 2 SD Negeri Surengede Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo tahun 2021/2022 dari pra siklus 18% menjadi 89% pada akhir siklus 2.

Kata kunci: group investigation, smart card, sikap kedisiplinan, hasil belajar

SRI LESTARI, S.Pd.
SDN Durenan 1, Kec. Sidorejo, Kab. Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas VI SDN Durenan 1 Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan tahapannya terdiri dari menyusun perencanaan (plan), melaksanakan tindakan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. Hal ini terbukti telah terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dan ketuntasan belajar secara signifikan. Nilai rata-rata pada pra tindak sebesar 60, dan ketuntasan belajar baru mencapai 53,33%. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 72,67 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 73,33% atau ada 11 siswa dari 15 siswa yang sudah tuntas belajar. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat secara signifikan menjadi 82,67. Sedangkan ketuntasan belajarnya juga meningkat secara signifikan menjadi 100%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan telah berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu ≥ 85%.

Kata Kunci: prestsi belajar, IPA, model pembelajaran Problem Based Learning

SEUMARIYA ULFAH, S.Pd.
SMP Negeri 1 Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture dalam meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Lembeyan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaan 2021/2022. Peneliti ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari kondisi awal dari pembahasan yaitu pra siklus nilai rata-rata 60,9 dengan prosentasi ketuntasan 21,88%, Setelah dilaksanakan penerapan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture, jumlah siswa tuntas belajar menjadi 20 siswa atau 62,50% dengan nilai rata-rata 73 (cukup). Siklus II ini dengan nilai ratarata 80,88 (baik) dengan ketuntasan 81,25% Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture dengan materi sistem Pencernaan manusia dapat ditingkatkan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Lembeyan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, Tipe Picture And Picture, IPA

DIANA RATNAWATI, S.Pd.
SMA Negeri 1 Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan penggunaan model pembelajaran PROSTEM untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi perusahaan bagi siswa kelas X Jurusan IPS SMA Negeri 1 Taman. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini mengacu pada desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Keberhasilan model pembelajaran ProSTEM yang dilaksanakan kelas X- IPS dikur dengan penilaian kualitatif dan kuantitatif. Pada penilaian kualitatif prosentase keberhasilannya mencapai rata-rata 80% dengan kriteria “baik”. Sedangkan penilaian kuantitatif secara keseluruhan dari perolehan laba hanya mampu mencapai 18% dengan predikat “cukup”.

Kata kunci: Proyek, STEM, Daftar Periksa, penilaian kualitatif dan kuantitatif

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.