Jurnal Ekspresi Pendidikan merupakan jurnal yang memuat hasil penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan. Bersama pendidik dan tenaga kependidikan berkarya dalam dunia pendidikan.
Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Judul Jurnal | Jurnal Ekspresi Pendidikan |
Edisi | Vol. 9, No. 3, Juli – September 2023 |
Bahasa | Bahasa Indonesia |
Frekuensi Terbit | 3 Bulanan |
Penerbit | Forum Pena Guru |
ISSN | 2477-5207 |
DAFTAR ISI
HIDAYATI, S.Pd.
SMP Negeri 5 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya minat siswa dalam pembelajaran PKn dan masih belum tercapainya ketuntasan belajar klasikal sebagaimana analisis nilai tes hasil belajar pada kondisi awal di ketahui besarnya siswa yang tuntas belajar baru mencapai 10 siswa atau 35,71%, padahal kriteria ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan adalah 85%. Upaya peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Window Shopping. Tujuan penelitian adalah meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Window Shopping bagi siswa kelas VIII G SMPN 5 Mandau. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus penelitian dapat disimpulkan bahwa rata- rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 42,86% dan pada siklus II mencapai 75%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebagaimana analisis nilai tes hasil belajar diketahui pada kondisi awal persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 35,71%, pada siklus I sebesar 78,57% dan pada siklus II mencapai 89. 29%. Sedangkan minat belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 53,57% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 82,14%.
Kata kunci: Window Shopping, pelajaran PKn, kelas VIII SMP
Dra. WINDAYATI
MTs Negeri 1 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Abstrak: Penelitian ini bertuuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran team assisted individualization pada kelas VIII- E MTs Negeri 1 Bojonegoro dalam semester i tahun pelajaran 2022/202. Obyek penelitian ini adalah prestasi siswa atau hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan menerapkan model team assisted individualization pada siswa kelas VIII-E MTs Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/20223. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dilaksanakan pada Penerapan model pembelajaran team assisted individualization atau kerjasama dalam kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII-E MTS Negeri 1 Bojonegoro, berpengaruh pada peningkatan hasil belajar sebelum perbaiakan rata-rata 62,62 menjadi 73,33 pada siklus I dan 58,03 pada siklus II serta peningkatan tuntas belajara klasikal dari 58,33% menjadi 72,22% pada siklus I dan 86,11% pada siklus II.
Kata kunci: team assisted individualization, sumber daya alam, kegiatan ekonomi
HARYANTO, S.Pd.
SMP Negeri 1 Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Abstrak: Penelitian ini bertujuana untuk mendeskripsikan penerapan teknik kata kunci dalam meningkatkan kemampuan menulis dan prestasi belajar geguritan Bahasa Jawa pada siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Kepil semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI B SMP Negeri 1 Kepil, Kecamatan Kepil tahun pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian 28 siswa terdiri 16 Siswa laki-laki dan 12 Siswa perempuan. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan prosedur umum a.Perencanaan, b). Pelaksanaan, c). Pengamatan, dan d). Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis geguritan menggunakan teknik kata kunci siklus I: 14% tinggi, 32% sedang dan 54% rendah. Siklus II: 32% tinggi, 51% sedang dan 27% rendah. Tes prestasi belajar Siklus I: Nilai rata-rata 71,75 dan Siklus II: Nilai rata-rata 83.4
Kata Kunci: menulis, kata kunci, geguritan.
HERI WIDIANTO, S.Pd.
MTs Negeri 2 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepakbola melalui permainan gawang segitiga. Dalam permainan ini dibatasi pada teknik passing kaki bagian dalam. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-C di MTs Negeri 2 Bojonegoro dengan jumlah siswa 32 orang. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan datanya menggunakan RPP, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata ketrampilan passing kaki bagian dalam sebesar 70, siswa yang mendapat nilai di atas 75 (KKM) sebanyak 22 siswa atau 67%. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketrampilan passing kaki bagian dalam sebesar 78, siswa yang mendapat nilai di atas 75 sebanyak 28 siswa atau 85%. Sehingga hal itu sudah memenuhi target, yaitu 75%.
Kata kunci: sepakbola, permainan sepakbola gawang segitiga, ketrampilan sepakbola.
MIFTAKHUL AHMAD FAUZI,
DAHLIA NOVARIANING ASRI*, RINI MUSTAIN*.
Universitas PGRI Madiun, Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, Jawa Timur, Indonesia
*Penulis korespondensi, Surel: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 9 Madiun tahun pelajaran 2022/2023 melalui media permainan ular tangga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang dilakukan selama 2 siklus dengan pengumpulan data penelitiannya menggunakan lembar observasi, dan dokumentasi. Pre test pertama kali disebar ke peserta didik sebelum siklus 1 diberikan untuk mengukur berapa minat belajar peserta didik di kelas VIII A. Lalu sedangkan post test disebarkan ke peserta didik setelah pelaksanaan siklus 2 selesai dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik kelas VIII A dengan diterapkannya permainan ular tangga selama layanan diberikan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan membandingkan rata-rata hasil pre- test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan sebuah peningkatan minat belajar peserta didik setelah diberikan treatment dengan menggunakan media ular tangga. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar peserta didik setiap siklusnya. Minat belajar peserta didik saat pre test nilai perolehan akhir rata-rata minat belajar yang dimiliki oleh peserta didik adalah 73.91. Kemudian skor tertinggi yang didapatkan pada pre-test yang diberikan adalah 93. Selain itu terdapat skor terendah yang didapatkan yaitu 55. Kemudian meningkat lagi di post test setelah siklus II dilaksanakan dengan perolehan nilai yaitu Kemudian hasil posttest terkait minat belajar peserta didik diketahui jika skor rata-rata minat belajar yang dimiliki oleh siswa adalah 78,86. Kemudian skor tertinggi yang didapatkan pada post-test yang diberikan adalah 100. Selain itu terdapat skor terendah yang didapatkan yaitu 57.
Kata kunci: Minat Belajar, Permainan, Ular Tangga.
RIZQI QOSMAWAN, S.Pd.I.
MTs Negeri 2 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hasil belajar dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan metode proses informasi. Subjek penelittian ini adalah siswa kelas IX-B MTs Negeri 2 Bojonegoro sebanyak 33 Siswa. Instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk tes dan pedoman observasi. Teknis analisa data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata pada siklus I 49,24, siklus II 66,12, siklus III 70,83, siklus IV 72,63, dan siklus V 79,12. Kesimpulan, hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa metode proses informasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah terhadap materi pelajaran serta meningkatkan kreativitas siswa sehingga hasil belajarnya lebih baik.
Kata Kunci: pemecahan masalah, metode proses informasi, fisika
NURFENI, S.Pd
SMP Negeri 2 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis teks deskriptif dan kompetensi menulis teks deskripstif pada mata pelajaran bahasa Inggris melalui penerapan teknik Two stay two stray dengan Media Kartu Gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas empat kegiatan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Pembelajaran Teknik Two stay two stray dengan Media Kartu Gambar, aktivitas siswa dalam belajar meningkat dari rata-rata sebesar 61,71% dan dilanjutkan pada Siklus II mencapai persentase rata-rata sebesar 87,42%. Disamping itu, peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal hanya sebesar 20% sedangkan pada siklus I mencapai 45,71% serta pada Siklus II meningkat mencapai 88,57%.
Kata Kunci: kompetensi menulis, teks deskriptif, two stay two stray.
SIANDI, S.H, M.M.
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ekonomi Syariah Institut Agama Islam (Iai) Uluwiyah Mojokerto, Jawa timur
Abstrak: tujuan melakukan pengabdian masyarakat di lokasi tersebut yaitu: (1) Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengolah susu sapi menjadi permen sapi untuk meningkatkan kesejahteraaan peternak sapi. (2) Meningkatkan keterampilan dan kemandirian peternak dalam pembuatan produk olahan susu sapi dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan selama kurang lebih satuminggu, terlihat beberapa penduduk memiliki mata pencaharian adalah sebagai peternak susu sapi. Dari hasil survey dan pembicaraan dengan peternak sapi perah dapat diketahui bahwa harga jual untuk hasil peternakan susu sapi masih sangat rendah, dengan harga jual yang cukup rendah, tentunya peternak susu sapi mengalami kerugian. Berdasarkan permasalahan yang dialami oleh peternak sapi, mendorong peneliti untuk melakukan kegiatan pengabdian di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto dengan memberikan pelatihan mengenai pengolahan produk yang berbahan susu sapi yaitu Permen susu dan pemasaran produk. Dengan diberikan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi peternak sapi dan masyarakat desa. Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat secara nyata telah melaksanakan Pelatihan Pembuatan Produk Olahan Susu Sapi dengan memberikan materi serta pelatihan bagaimana proses awal sampai akhir pembuatan Produk Olahan Susu Sapi berupa pembuatan permen susu dengan baik dan benar dengan menggunakan bahan berupa Susu sapi. Sebelum itu juga diperkenalkan alat dan bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan Permen susu. Dan juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya mengenai pembuatan Produk Olahan Susu Sapi saat kegiatan pelatihan berlangsung.
Kata kunci: susu sapi, produk olahan susu sapi, Desa Kebontunggul
Hj. AFIDAH, S.Pd, M.M.
SDN Bugul Kidul I, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 subtema 1 setelah diterapkannya model kooperatif tipe galleri walk di Kelas II UPT SDN Bugul Kidul I Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Kelas II UPT SDN Bugul Kidul I Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 8 anak yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa Kelas II UPT SDN Bugul Kidul I Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan model kooperatif tipe gallery walk terbukti dapat meningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, yaitu Siklus I sebesar 68,75 atau ketuntasan belajar siswa 62,5%, dan Siklus II sebesar 80 atau ketuntasan belajar siswa 100%. Hal ini berarti model pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar yang sangat baik.
Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe Galleri walk, Tematik
KURNIA KHOIRUN NISA’, S.Si.
MTs Negeri 2 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode tugas dan resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun 2022/2023. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu lembar observasi untuk mencari data tentang aktivitas belajar siswa, lembar tes (soal ulangan harian) untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar dan lembar kuisioner untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode pemberian tugas dan resitasi. Terhitung aktivitas belajar diperoleh rata –rata persentase pada siklus I sebesar 67,18% dan siklus II 82,31% mengalami peningkatan sebesar 15,13%. Jika rata- rata PTK siklus I ditambah PTK siklus II (67,18% + 82,31%) / 2 = 74,75%. Berdasarkan rata –rata PTK tersebut dan mengacu pada kriteria PAP skala lima, ternyata arat-rata tingkat aktivitas belajar berada pada kategori aktif. Tentang hasil belajar diperoleh rata- rata persentase pada siklus I sebesar 73,97% dan siklus II sebesar 85,90% mengalami peningkatan sebesar 11,93%. Jadi rata-rata hasil PTK yaitu (73,97% + 85,90%) / 2 = 79,94% ≈ 80%. Tingkat hasil belajar ini berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci: metode tugas dan resitasi, matematika
SUMARYANI, S.Pd.
SDN Sidowayah 1, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami tentang konsep Kewarganegaraan pada mata pelajaran PKn melalui metode Penyajian kasus siswa Kelas VI SDN Sidowayah 1 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Penyajian kasus dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tentang Konsep Kewarga negaraan Mata pelajaran PKn. Rata-rata test I adalah 70.00 sedangkan rata-rata nilai test II adalah 85.00. Kesimpulannya, dengan menggunakan metode penyajian kasus nilai tes siswa dapat meningkat. Jika dibandingkan dengan menggunakan pola pengajaran tradisional, perolehan nilai siswa semakin nyata kenaikannya, karena nilai rata-rata siswa pada penggunaan model pembelajaran tradisional hanya sebesar 52,00.
Kata Kunci: penyajian kasus, kewarganegaraan
SITI MARIYA ULFA, S.Pd.
MTs Negeri 2 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris pada Siswa kelas VIII-F MTs Negeri 2 Bojonegoro dengan menggunakan metode Diskusi.Prosedur penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan prosedur penelitian pada dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris Siswa kelas VIII-F SMP Negeri 5 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan penerapan model pembelajaran “Metode Diskusi”. Hal ini dapat dilihat peningkatannya pada siklus I hanya 63,63% dan setelah dilakukan tindakan siklus II naik menjadi 95,46% yang berarti naik 31,83%.
Kata Kunci: Bahasa Inggris, Metode Diskusi
Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).
Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.
Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.
Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.