Jurnal Prospektif Pendidikan, Vol. 6, No. 4, 2021

Jurnal Prospektif Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Prospektif Pendidikan
EdisiVol. 6, No. 4, Oktober – Desember 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2540-7791

DAFTAR ISI

Hj. YULINAR, S.Pd.SD
SDN 15 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan supervisi akademik kepala sekolah dalam penggunaan media audio visual pada pembelajaran di SDN 15 Mandau pada Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 dan menganalisis kompetensi pedagogik guru SDN 15 Mandau pada Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam menggunakan media audio visual pada pembelajaran dengan supervisi akademik kepala sekolah. Tempat penelitian di SDN 15 Mandau, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Waktu penelitian selama dua bulan pada Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 sesuai dengan jadwal pelajaran dan jadwal kegiatan penelitian. Subyek penelitian adalah guru kelas dan guru mata pelajaran di SDN 15 Mandau, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari enam guru kelas dan tiga guru mata pelajaran. Alat pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan, dokumentasi dan kuesioner. Prosedur penelitian ini menggunakan Model Siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dalam dua siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu sebelum mendapat supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan TIK untuk kepentingan pembelajaran termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 5,54, setelah mendapat supervisi akademik dan pembinaan untuk kepentingan pembelajaran kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan TIK termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 7,11.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, media audio visual, supervisi akademik

PUJIATMOKO, S.Pd.SD.
SDN 2 Jangkrikan, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Permasalahan penelitian didapatkan dari hasil analisis kebutuhan media di kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan Kecamatan Kepil. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik untuk membaca materi pada buku maupun handout dan juga guru membutuhkan media yang menyenangkan untuk siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media video youtube yang digunakan pada pembelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan Kecamatan Kepil. Media video yang digunakan dalam proses belajar mengajar memiliki banyak manfaat dan keuntungan, diantaranya adalah video merupakan pengganti alam sekitar dan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat siswa seperti materi proses pencernaan makanan dan pernafasan, video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulang-ulang, Pembelajaran dengan media video menumbuhkan minat serta memotivasi untuk selalu memperhatikan pelajaran. Dengan adanya media video, peserta didik akan lebih paham dengan materi yang disampaikan pendidik melalui tayangan sebuah film yang diputarkan.

Kata kunci: media video youtube, pembelajaran IPA, sistem pencernaan manusia

JUMANA, S.Pd.
SDN 1 Sindupaten, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kendala siswa dalam pembelajaran daring di SD Negeri 1 Sindupaten. (2) Untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memberikan asil data deskriptif berupa kata- kata tertulis dengan jenis penelitian studi kasus. Menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kendala dalam penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran adalah terkait ketersediaan fasilitas pendukung untuk pembelajaran online, kurang pahamnya peserta didik dengan materi yang diberikan oleh guru. (2) Pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran Daring adalah dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat didalam aplikasi seperti fitur pesan teks, dokumen, gambar/foto, video, audio, dan video call yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: aplikasi WhatsApp, media pembelajaran Daring, pandemi Covid-19

BAMBANG WIJOYONO, S.Pd.
SMP Negeri 2 Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Panekan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (86,95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Panekan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, metode demonstrasi

ARDIANA DYAH CAHYANTI, S.Kom
SMP Negeri 1 Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) setelah diterapkannya metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Persentase ketuntasan belajar dan daya serap siswa telah memenuhi target kurikulum. Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 68,29 dengan ketuntasan 18% pada KKM 75. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 81,17dengan ketuntasan 90% pada KKM 75. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata Kunci: metode tutor sebaya, hasil belajar siswa.

AMIN TRIASTUTI L., S.Pd.SD.
SDN 2 Kepil, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Papan Flanel Pintar (PALAPA) yang layak digunakan dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Negeri 2 Kepil Kecamatan Kepil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) dengan sembilan langkah, yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Papan Flanel Pintar (PALAPA) yang terdiri dari papan flanel, boneka tangan anggota keluarga, boneka angka, boneka buah, kartu soal, dan buku petunjuk. Materi yang disampaikan yaitu materi kelas 1 Tema 4 Keluargaku Subtema 2 Kegiatan Keluargaku pembelajaran bahasa Indonesia tentang penggunaan kata tolong dan terima kasih, matematika tentang pola bilangan dan PPKn tentang meminta izin.

Kata kunci: pengembangan media, papan flanel, pembelajaran tematik.

RAHMAWATI, S.Pd.SD.
SDN 2 Kepil, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran DOTAYA untuk siswa kelas VI SD Negeri 2 Kepil Kecamatan Kepil berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, serta mengetahui keefektifan media pembelajaran DOTAYA untuk meningkatkan hasil belajar materi tata surya pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Kepil Kecamatan Kepil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Dick & Carry, 1996) yang meliputi lima tahap yaitu, tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media DOTAYA ini layak digunakan di sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap desain produk, validasi materi, validasi media, dan uji coba produk. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 4,7 dengan katagori “Sangat Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,25 dengan katagori “Sangat Baik”. Uji coba produk dari hasil angket siswa memperoleh nilai rata- rata 4,94 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari hasil angket guru memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan katagori “Sangat Baik”. DOTAYA berhasil memperbaiki hasil belajar materi tata surya. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar posttest, yang dilakukan pada tanggal 25 Maret 2021, yaitu 66,67%. Persentase ini lebih besar daripada persentase ketuntasan hasil belajar pretest, yaitu 26,67%.

Kata kunci: media, ludo, tata surya

Dra. SRI PURWIANTI
SMP Negeri 6 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar khususnya mata pelajaran matematika melalui pemberian B&K dengan pembentukan kelompok belajar pada kelas IX-B semester I di SMP Negeri 6 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Bojonegoro, di mana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru (khususnya guru Bimbingan dan Konseling) disekolah tersebut. Subyek penelitian adalah Kelas IX-B semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 32 anak. Sedangkan penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai awal bulan Oktober sampai dengan akhir bulan Nopember Tahun 2021. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata mata pelajaran Matematika dengan pelaksanaan bimbingan dan konseling melalui pembentukan kelompok belajar dapat diketahui bahwa hasil nilai rata-rata siswa Kelas IX-B sebelum bimbingan hanya 59,6; dan sesudah bimbingan meningkat menjadi 79,8. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran pada siswa Kelas IX-B Semester I di SMP Negeri 6 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022 dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Kata kunci: matematika, melalui pemberian B&K, pembentukan kelompok belajar

YUDI PURWONO, S.Pd.SD.
SDN 1 Kalibawang, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Kalibawang dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata- rata hasil belajar siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata- rata hasil belajar siswa menjadi 77.8, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa secara berurut menjadi 81%. Rata-rata keaktifan siswa meningkat sebanyak 77.25% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Model NHT memiliki kelebihan diantaranya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, mampu memperdalam pamahaman siswa, menye- nangkan siswa dalam belajar, mengembangkan sikap positif siswa, mengembangkan sikap kepemimpinan siswa, mengembangkan rasa ingin tahu siswa, meningkatkan rasa percaya diri siwa, mengembangkan rasa saling memiliki, serta mengembangkan keterampilan untuk masa depan.

Kata kunci: Numbered Heads Together, matematika

AMAN UTORO, S.Pd.SD.
SDN 1 Kalibawang, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran daring interaktif berbasis Power Point dengan fungsi Hyperlink pada mata pembelajaran tematik tema 7 sub tema 2. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Dengan adanya penggunaan power point dengan fungsi Hyperlink pembelajaran berjalan jarak jauh berjalan dengan baik dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran meskipun dari rumah. Adapun hasil analisis penggunaan power point dengan fungsi Hyperlink data tersebut memperoleh kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal itu, maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: power point, Hyperlink, media interaktif, pembelajaran jarak jauh (PJJ)

RURIS FADHILAH, S.Pd.
SDN 1 Mudal, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan metode problem based introduction dengan media audio visual pada siswa kelas VI-B SD Negeri 1 Mudal Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode problem based introduction dengan media audio visual. Melalui perbaikan pembelajaran ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada sekolah tersebut. Peningkatan ini dapat dilihat bahwa sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran nilai rata-rata kelas VI pada materi segi banyak adalah 61,2. Siswa yang sudah mencapai KKM ada 7 siswa atau 33% sedangkan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran siklus I nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 75,7 dan 15 siswa atau 71% sudah mencapai KKM. Kemudian setelah dilakukan perbaikan pembelajaran siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 79,2 dan siswa yang mencapai KKM ada 21 siswa atau 100%. Pembelajaran menggunakan metode problem based introduction dan menggunakan audio media visual lebih efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar daripada pembelajaran yang menggunakan metode konvensional atau ceramah pada mata pelajaran matematika kelas IV-B SD Negeri 1 Mudal tahun pelajaran 2019/2020. Disarankan agar guru dapat menggunakan metode problem based introduction

Kata Kunci: metode problem based introduction; hasil belajar matematika

HERY SANTOSO, S.Pd.
SMP Negeri 1 Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu perubahan proses belajar, sikap religius, sikap sosial dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyusun teks eksposisi pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Karangrejo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu menyusun teks eksposisi pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Karangrejo. Adapun variabel penelitian, yaitu keterampilan menyusun teks eksposisi, model pembelajaan berbasis proyek, dan media karikatur berpidato. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Karangrejo dengan jumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan media karikatur berpidato bertema kebudayaan Indonesia pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 1 Karangrejo berlangsung dengan baik dan lancar. Nilai rata-rata keterampilan meningkat 0,56 dari 2,76 pada siklus I menjadi 3,39 pada siklus II. Jumlah tersebut termasuk dalam predikat baik (B+).

Kata Kunci: teks eksposisi, model pembelajaan berbasis proyek, karikatur berpidato

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan menghubungi kontak kami.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.