Jurnal Ekspresi Pendidikan, Vol. 7, No. 4, 2021

Jurnal Ekspresi Pendidikan merupakan jurnal yang memuat hasil penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan. Bersama pendidik dan tenaga kependidikan berkarya dalam dunia pendidikan.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Ekspresi Pendidikan
EdisiVol. 7, No. 4, Oktober – Desember 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2477-5207

DAFTAR ISI

ARMADEWI, S.Pd
SMP Negeri 3 Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Kurangnya pencapaian indikator karena kualitas pembelajaran matematika dan kondisi pembelajaran disekolah banyak guru yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Hasil pencapaian nilai rata-rata matematika siswa dalam menempuh UNBK di semua jenjang sekolah terendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Variabel indikator yang diamati dalam penelitian: Aktivitas, Keterampilan proses, dan Hasil belajar. Kegiatan yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan PMR. Tahapan PTK disusun dalam siklus penelitian. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dirancang dalam 3 siklus. Analisis pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran rata-ratanya pada kategori; berdiskusi atau bertanya dalam kelompok dan antar kelompok; membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok pada siklus 2 masig-masing 3,88 dan 3,70 lebih rendah dari pada siklus 1. karena guru mengurangi bantuan pada siswa. Siklus 2 siswa dalam penyesuaian pembelajaran. Secara keseluruhan aktivitas siswa memenuhi kategori ”aktif”. Hasil pengamatan keterampilan proses rata-rata skor tiap sklus meningkat, dari 3. 90 kemudian 3. 98, dan siklus 3 adalah 4. 00, secara keseluruhan siswa memenuhi kategori ”terampil”. Hasil evaluasi yang diberikan dari 6 item soal, kompetensi siswa terukur dengan rata-rata perolehan skor 83. Siswa dapat menguasi materi perbandingan dengan persentase 83%. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi perbandingan di kelas VII A di SMPN 3 Bengkalis Bengkalis mencapai KKM.

Kata Kunci: PMR, siswa aktif, hasil belajar tuntas.

ERITA DARMASTUTI SUSANTI, S.Pd.Jas.
SDN 2 Rimpak, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media audio visual dan pembelajaran perilaku hidup sehat khususnya kebersihan tangan dan kaki pada siswa kelas III SD Negeri 2 Rimpak Kecamatan Sapuran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan tentang pengembangan media audio visual dalam pembelajaran perilaku hidup sehat khususnya kebersihan tangan dan kaki. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media audio visual yang dikemas dalam bentuk compact disk (CD). Hasil validasi dari ahli materi mendapat kategori “sangat baik” dan hasil validasi dari ahli media mendapat kategori “sangat baik”. Hasil uji kelompok kecil mendapat kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar mendapat kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada khususnya materi perilaku hidup sehat kesehatan tangan dan kaki, pada siswa kelas III SD Negeri 2 Rimpak Kecamatan Sapuran layak digunakan sebagai sumber bahan ajar.

Kata kunci: media pembelajaran, audio visual, pendidikan jasmani

ASCHURI, S.Pd.SD
SD Negeri 3 Banyumudal, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas melalui penerapan reward and punishment di SD Negeri 3 Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran. Budaya sekolah yang harus dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and punishment untuk para guru di SD Negeri 3 Banyumudal Kecamatan Sapuran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and punishment kepada guru.

Kata Kunci: disiplin guru, reward and punishment

Dra. NANING FARIDIYAH
MAN 3 Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan paparan karya ilmiah iniadalah untuk menjelaskan tentang (1) hubungan pendidikan karakter dengan keberadaban bangsa. (2) upaya-upaya dalam meningktakan mutu dari pendidikan karakter, (3) gambaran dari pendidikan karakter yang sudah berhasil. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang. Bila pendidikan karakter telah mencapai keberhasilan, tidak diragukan lagi kalau masa depan bangsa Indonesia ini akan mengalami perubahan menuju kejayaan. Dan bila pendidikan karakter ini mengalami kegagalan sudah pasti dampaknya akan sangat besar bagi bangsa ini, negara kita akan semakin ketinggalan dari negara-negara lain.

Kata Kunci: membangun, karakter siswa

SUHARNI, S.Pd.SD.
SDN 2 Glagah, Kec. Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran DOTAYA untuk siswa kelas VI SD Negeri 2 Glagah Kecamatan Sapuran berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, serta mengetahui keefektifan media pembelajaran DOTAYA untuk meningkatkan hasil belajar materi tata surya pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Glagah Kecamatan Sapuran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang meliputi lima tahap yaitu, tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data observasi adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data wawancara, angket, dan tes adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media DOTAYA ini layak digunakan di sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap desain produk, validasi materi, validasi media, dan uji coba produk. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 4,7 dengan katagori “Sangat Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,25 dengan katagori “Sangat Baik”. Uji coba produk dari hasil angket siswa memperoleh nilai rata-rata 4,94 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari hasil angket guru memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan katagori “Sangat Baik”. DOTAYA berhasil memperbaiki hasil belajar materi tata surya. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar posttest, yang dilakukan pada tanggal 25 Maret 2021, yaitu 66,67%. Persentase ini lebih besar daripada persentase ketuntasan hasil belajar pretest, yaitu 26,67%.

Kata Kunci: media, ludo, tata surya

RUMIYATI, S.Pd.
SDN 1 Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pop-up book yang layak digunakan pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan untuk siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan lima langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran pop-up book materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan untuk siswa SD kelas I. Produk penelitian telah melalui tahap perencanaan, validasi ahli, penilaian guru, dan uji coba lapangan.Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4.6 dengan kriteria “sangat baik”.Hasil validasi terakhir dari ahli media memperoleh skor rata-rata 4.3 dengan kriteria “sangat baik”. Penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4.66 dengan kriteria “sangat baik”.Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata- rata 4.7 dengan kriteria sangat baik.Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4.81 dengan kriteria sangat baik.Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4.88 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, media pop-up book materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas I SD.

Kata kunci: media, pop-up book, soal cerita

KHUSWATUN HASANAH, S.Pd.
SD Negeri Kalialang, Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada muatan ajar IPS menggunakan media permainan monopoli keragaman di SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang. Penelitian ini merupakan Best Practice, dengan subjek penelitian berjumlah 17 orang siswa kelas IV SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang. Data dikumpulkan dengan observasi, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Minat belajar siswa pada muatan ajar IPS dapat ditingkatkan melalui media permainan monopoli keragaman. Langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran yaitu siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang beranggotakan 4 orang siswa, lalu diberikan satu set media permainan monopoli keragaman yang memuat materi ajar IPS, lalu siswa bermain, dan pemain yang menjadi pemenang adalah pemain yang memperoleh bintang terbanyak dalam permainan. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang dapat ditingkatkan melalui media permainan monopoli keragaman. Peningkatan minat belajar dapat dilihat dari hasil observasi minat belajar siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11,2% dari pra pertemuan sebesar 44,9% meningkat ke pertemuan I hingga mencapai 56,1%. Sementara itu pada pertemuan II diperoleh hasil 72,78% sehingga mengalami peningkatan dari pertemuan I sebesar 16,68%. Berdasarkan angket minat belajar siswa pada pra pertemuan sebesar 49% dan pada pertemuan I mencapai 61,94%, terjadi peningkatan sebesar 12,94%. Sementara itu pada pertemuan II mencapai 75,78% sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,84% dari pertemuan I. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan monopoli keragaman pada kegiatan pembelajaran IPS dapat meningkatakan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang.

Kata kunci: minat belajar, media, permainan monopoli keragaman

MUKTI PRABAWANTI, S.Pd.
SMK Negeri 1 Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Fisika materi Momentum dan Impuls melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X TPM-2 SMK Negeri 1 Geneng. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Pembelajaran Berbasis Masalah aktivitas siswa dalam pembelajaran telah mengalami peningkatan yakni jika siklus I aktivitas pembelajaran mencapai rata-rata 65% atau berkategori cukup maka pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 85% atau berkategori tinggi dan pada siklus III mengalami kenaikan menajdi 92% atau berkategori tinggi sekali. Angka ketuntasan mengalami kenaikan yakni jika siklus I sebesar 61% meningkat menjadi 75% dan pada siklus III meningkat menjadi 94%, Rata-raka kelas mengalami kenaikan dari 67 pada siklus I meningkat menjadi 72 pada siklus II dan meningkat menjadi 78 pada siklus III. Dengan hasil tersebut maka metode Pembelajaran Berbasis Masalah efektif di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: aktivitas dan prestasi belajar, Fisika materi Momentum dan Impuls, pembelajaran berbasis masalah

YUHNI WAHYUTI, S.Pd.
SD Negeri Kalialang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kerja sama siswa pada kelas VI di SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang melalui metode galery walk. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya karakter kerja sama dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang melibatkan kerja sama pada siswa kelas VI SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ngoto, Sewon, Bantul. Subjek penelitin ini yaitu siswa kelas VI yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode galery walk pada kegiatan belajar mengajar di kelas VI dapat meningkatkan proses pembelajaran pendidikan karakter dan terjadi peningkatan karakter kerja sama siswa. Peningkatan karakter kerja sama ini dapat dilihat dari hasil observasi. Terdapat 5 indikator yang digunakan observasi, setiap indikator mengalami peningkatan. Pra tindakan semua indikator pada kategori kurang baik, pertemuan 1 pada kategori baik, dan pada pertemuan 2 pada kategori sangat baik. Adapun hasil observasi pada pertemuan 1 siswa yang berkategori kerja sama cukup baik 18%. Siswa dengan kategori kerja sama baik ada 55%. Siswa dengan kategori kerja sama sangat baik ada 27%. dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 diketahui bahwa siswa yang berkategori kerja sama baik terdapat 23%. Siswa dengan kategori kerja sama sangat baik ada 77%. Disimpulkan bahwa menggunakan metode galery walk dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas dan karakter kerja sama siswa kelas VI SD Negeri Kalialang Kecamatan Kalibawang.

Kata Kunci: karakter kerjsama, galery walk

SALAMAH, S.Pd.
SDN 2 Dempel, Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Dempel Kecamatan Kalibawang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Dempel Kecamatan Kalibawang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 41 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Dempel Kecamatan Kalibawang. Hasil observasi pada pembelajaran menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 83% hingga mencapai 95%. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa dari 75% menjadi 90%. Peningkatan hasil tes matematika sebesar 21% yakni sebanyak 21 siswa (72%) menjadi 27 siswa (93%).

Kata Kunci: hasil belajar, pengukuran, realistic mathematics education

SUDIASIH, S.Pd.SD.
SDN 2 Dempel, Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Kelas V SD Negeri 2 Dempel yang meliputi pelaksanaan, faktor penghambat, dan faktor pendukung pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian peserta didik kelas V, kepala sekolah, guru kelas V, dan pustakawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut:1) Kelas V SD Negeri 2 Dempel telah melaksanakan tiga tahapan Gerakan Literasi Sekolah yaitu, a) tahap pembiasaan, kelas V telah terdapat lembar literasi, kegiatan 15 menit membaca menjelang istirahat berlangsung, adanya bahan kaya teks di kelas, tersedia perpustakaan, sudut baca kelas V yang menarik, poster kampanye membaca sebagai dukungan literasi, b) tahap pengembangan, sudah terdapat kegiatan 15 menit membaca menjelang istirahat, tersedia koleksi buku pengayaan yang bervariasi, kegiatan menanggapi bacaan, kegiatan mengapresiasi capaian literasi serta terdapat susunan TLS dan guru kelas V menjadi salah satu anggotanya, c) tahap pembelajaran, terdapat kegiatan menanggapi bacaan serta strategi membaca dan terdapat susunan TLS. 2) Faktor yang pendukung internal yakni antuasias dan minat peserta didik, faktor eksternal meliputi keberagaman fasilitas, dukungan orang tua, peranan guru dalam literasi. Faktor penghambat internal yakni minat dan semangat belum konsisten, faktor eksternal meliputi kurang intensnya kerja sama dan komitmen TLS, peranan guru, lingkungan dan belum maksimal penggunaan fasilitas buku pengayaan.

Kata Kunci: gerakan literasi sekolah, pelaksanaan gerakan literasi sekolah

ENDANG DWI WAHYUNI, S.Pd.,M.Pd
SMA Negeri 3 Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respos dan ketuntasan belajar siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi pokok Manusia Purba dan Modern di Kelas X IIS-1 SMA Negeri 3 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran materi Manusia Purba dan Modern. Kegiatan pembelajaran telah berpusat pada siswa (student centered), yang ditandai dengan adanya interaksi antar siswa dalam melakukan penyelidikan, menganalisis karya tulis dan mengkomunikasikan karya tulis serta adanya interaksi siswa-guru dalam hal menyatakan ide, bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Pembelajaran dengan pendekatan CTL cukup efektif yang ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mulai dari 70.56% (putaran 1), 75.53% (putaran 2) dan 86.67% (putaran 3).

Kata Kunci: pendekatan CTL pada materi pokok manusia purba dan modern

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.