Jurnal Progresif Pendidikan, Vol. 6, No. 3, 2021

Jurnal Progresif Pendidikan merupakan jurnal yang memuat artikel penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Jurnal ini terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei, dan September.

Judul JurnalJurnal Progresif Pendidikan
EdisiVol. 6, No. 3, September – Desember 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit4 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2527-6700

DAFTAR ISI

MARIAM, S.Pd.
Madrasah Aliyah Kabeloa Alkhairaat Pewunu, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas MA Kabeloa Alkhairaat Pewunu semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini adalah MA Kabeloa Alkhairaat dengan jumlah siswa 24 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi terhadap guru, hasil observasi terhadap siswa, dan tes hasil belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan setiap siklus dilaksanakan berdasarkan tahapan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari siklus ke siklus. Siklus I aktivitas guru perolehan skor rata-rata 62,20% siklus II sebesar 73,655, dan siklus II sebasar 83,22%. Aktivita siswa pada siklus I perolehan skor sebesar 59,03% pada siklus II sebesar 74,31% dan pada siklus III sebesar 91,32%. Nilai hasil belajar siswa nilai rata- rata siswa pada siklus I sebesar 69,03 sedangkan siswa yang tuntas belajar sebesar 41,67%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81,39 dan siswa yang tuntas belajar sebesar 79,17%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata sebasr 87,22 dan siswa yang tuntas belajar sebesar 91,67%.

Kata kunci: pembelajaran student facilitator and explaining, aktivitas, hasil belajar

SUTILAH, S.Pd.SD.
SDN 1 Pecekelan, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap peningkatan hasil belajar IPA Materi Tentang alat pernafasan bagi hewan dan tumbuhan siswa kelas VA Semester I SD Negeri 1 Pecekelan Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 72,68 dan persentase tuntas belajar klasikal 55,26%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,92 dengan persentase tuntas belajar klasikal 86,84%.

Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD) alat pernafasan

ZULFIKRI ALWY JAUHARI, S.Pd.
MAN 3 Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun, Pemilihan materi pada pembahasan konsep menentukan nilai optimum fungsi tujuan pada materi program linear. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa 1) siswa kurang bisa memahami soal cerita yang berkaitan dengan konsep menentukan nilai optimum fungsi tujuan pada materi program linear serta menerapkannya dalam pemecahan masalah, 2) motivasi yang rendah dari siswa terhadap pembelajaran dengan matematika dan 3) adanya anggapan bahwa pembelajaran matematika hanya teoritis saja walaupun materinya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata kelas dari tes awal ke tes akhir yaitu dari 44,6 menjadi 76,5 dan dapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan ditunjukkan dengan siswa lebih antusias dan giat belajar matematika. Selain itu Realistic Mathematic Education berhasil diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan.

Kata kunci: pendekatan Realistic Mathematic Education, nilai optimum fungsi tujuan pada materi program linear

SRI WAHYUNI, S.Pd.
SMK Negeri 1 Magetan, Kabupatren Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model STAD (Student Team Achivement Devision). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran model STAD (Student Team Achivement Devision). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran (siklus). Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Nilai rata-rata dari siklus 1 sampai siklus 3 menunjukkan kenaikan: siklus I (82,06), siklus II (83,78), dan siklus III (85,72). Ketuntasan belajar klasikal juga mengalami kanaikan yaitu, siklus I (77,78%), siklus II (83,33%), siklus III (94,44%).

Kata Kunci: prestasi belajar bahasa Indonesia, metode STAD (Student Team Acheivement Devision)

NASROTIN, S.Pd.
SDN Terung, Kec. Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk mendeskripsikan dampak penerapan metode Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (CPTT) dengan media gambar dalam pembelajaran terhadap kemampuan menulis Karangan sederhana. Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I mencapai ketuntasan belajar rata-rata 66,66% dan pada siklus II 88,8%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan siswa sebesar 22,2%. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,5 pada siklus 1 menjadi 72,5 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (CPTT) dengan Media Gambar berhasil meningkatkan kemampuan menulis Karangan sederhana siswa kelas III SDN Terung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Kata Kunci: metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT), Media Gambar, Kemampuan Bahasa Indonesia

TRUKO TIYANTO, S.Pd., M.Pd.
Pengawas Sekolah, Dinas Dikpora Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan yang diharapkan dengan terlaksananya Gerakan Simpanan Sosial Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis Raport Mutu di SMP binaan Kabupaten Wonosobo yaitu (1) Tersusunnya Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis Raport Mutu sebelum hari pertama masuk tahun pelajaran baru 2019/2020. (2) Tersosialisasinya Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis Raport Mutu di sekolah. Berdasarkan berbagai hal sebagaimana telah diuraikan di muka, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Implementasi program simpanan sosial ini telah berhasil (a) Menghilangkan keterlambatan masal penyusunan dan pengesahan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis Raport Mutu di SMP Binaan. (b) Mensosialisasikan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis Raport Mutu di SMP Binaan.

Kata Kunci: Gerakan Simpanan Sosial, RKJM, RKT, dan RKAS

ALIS SIJANI, S.Pd.
SD Negeri Kedungrejo 01 Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran PJOK di Kelas V SD Negeri Kedungrejo 01 Kabupaten Madiun Semester. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SD Negeri Kedungrejo 01 Kabupaten Madiun Semester Genap pada bulan Pebruari –April 2021. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran PJOK. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Wali kelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama 7 peserta didik Kelas V, observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring Melalui Whatshapp Oleh Guru Kelas V SD Negeri Kedungrejo 01 Kabupaten Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 pertama pemanfaatan yang dilaksanakan oleh guru kelas dalam kegiatan pembelajaran yang memuat kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Kemudian fitur yang sering digunakan fitur foto, video, dokumen, Group WhatsApp, dan call (telpon) secara langsung. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur whatsApp dan juga penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

Kata Kunci: belajar daring PJOK, masa pandemi Covid-19, Whatshapp

BADARIYAH, S.Pd.
SDN 1 Maduretno, Kec. Kalikajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tentang membaca untuk kelas IA semester I SD Negeri 1 Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonososbo tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan kata- kata. Hasil belajar siswa pada pra siklus yang tuntas dalam pembelajaran ini hanya 7 anak atau 32% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran ini ada 15 anak atau 68%, nilai rata-rata 61,13. Pada Siklus I terdapat peningkatan hasil pembelajaran yaitu sebesar 16 anak atau 73% yang tuntas ada dan 6 anak tidak tuntas atau 27%, nilai rata-rata 77,5, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Siklus II siswa yang tuntas naik menjadi 22 siswa atau 100% dan anak yang tidak tuntas tidak ada. Rata-rata yang dicapai sebesar 87,95, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I di SD Negeri 1 Maduretno. Oleh sebab itu direkomendasikan agar penggunaan media kartu kata dapat digunakan guru, terutama di SD kelas rendah, dalam pembelajaran membaca permulaan.

Kata kunci : media kartu kata, hasil belajar, Bahasa Indonesia

RUMINI, S.Pd.SD.
SDN 1 Sedayu, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, JawaTengah

Abstrak: Pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match terlaksana sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan strategi index card match yang terlaksana dengan terstruktur. Yang mana pada saat penerapan pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match kelas VB SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo terkendala oleh pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran menggunakan metode daring dan luring, yang mana luring diterapkan denga guru memberikan kartu index dan soal evaluasi dengan mendatangi siswa kerumah dan daring diterapkan dengan memberikan pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match melalui aplikasi whatsapp group dan hanya terkendala oleh jaringan sehingga terkadangan tampilan atau bahkan voice note/ video pembelajaran guru terlambat sampai ke group. Evaluasi dari pembelajaran penggunakan strategi index card match kelas VB SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo memberikan dampak positif dalam aktivitas belajar siswa yang teramati dalam aspek perhatian, kesiapan, pemahaman, serta kerjasama, meskipun pembelajaran dilaksanakan dengan daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) tidak ada masalah, walaupun sebenarnya penggunaan strategi index card match ini akan lebih baik jika diterapkan pada pembelajaran dengan tatap muka.

Kata kunci: puzzle, index card match, lahirnya Pancasila

SUPARNI, S.Pd.
SDN 1 Pecekelan, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan pembuatan kalimat ucapan terima kasih dan permintaan tolong pada siswa kelas I SDN 1 Pecekelan, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sudah memahami materi pembuatan kalimat ucapan terima kasih dan permintaan tolong diitinjau dari hasil penilaian pengetahuan keseluruhan siswa 1 yang keberhasilan dalam penugasannya mencapai 90%. Sedangkan keberhasilan dalam penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan mencapai 86.5% dengan perincian setiap aspeknya: motorik 81%, perilaku 86%, persepsi 93%, memori 86%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa siswa kelas 1 sudah menguasai keterampilan menulis permulaan dan sudah siap kedepannya secara perlahan untuk mempelajari keterampilan menulis lanjut pada pembelajaran berikutnya.

Kata kunci: picture to picture, ketrampilan menulis

TOHIR, S.Pd.SD.
SDN 2 Gondowulan, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pokok bahasan bumi dan alam semesta yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VI SD Negeri 2 Gondowulan Kecamatan Kepil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari sepuluh langkah Borg & Gall. Langkah yang ditempuh peneliti 5 langkah yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan, 5) revisi produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan observasi. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan tanggapan siswa terhadap multimedia sebagai pengguna. Data hasil angket ahli materi dan ahli media dianalisis dengan konversi skala lima. Sedangkan data hasil angket siswa dianalisis dengan skala Guttman. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,35 (kategori layak). Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor 4,11 (kategori layak), dan rata-rata penilaian pada uji pelaksanaan lapangan 0,90 (kategori layak).

Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, bumi dan alam semesta

RIYANTO, S.Pd.
SD Negeri Kecis, Kec. Selomerto, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran bermain peran (role playing) pada siswa kelas IV SD Negeri Kecis Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 12 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus mempunyai tahap-tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, ketutantasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa dengan presentase 75% dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa dengan presentase 25%. Sedangkan kegiatan pembelajaran pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan sebanyak seluruh siswa yaitu 12 siswa dengan presentase 100%. Dimana ada lebih dari 90% siswa yang memenuhi KKM, maka disarankan untuk guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran bermain peran (role playing). Sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa tidak merasa bosan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran bermain peran (role playing)

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.