Jurnal Pendidikan Global, Vol. 8, No. 3, 2022

Jurnal Pendidikan Global merupakan jurnal yang memuat artikel ilmiah hasil penelitian dan non-penelitian, khususnya hasil penelitian guru dalam proses belajar mengajar. Memuat pula artikel berupa ide atau gagasan inovasi bidang pendidikan.

Jurnal ini terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei, dan September.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Global
EdisiVol. 8, No. 3, September – Desember 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit4 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2476-9908

DAFTAR ISI

Drs. ABDUL WAKHID, M.Pd.I
MAN 3 Parigi, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru di MA Negeri 3 Parigi dalam melakukan kegiatan penilaian hasil belajar melalui pelaksanaan kegiatan supervisi kunjungan kelas. Data yang dikumpulkan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah ini melalui beberapa teknik, yaitu teknik observasi, teknik forum diskusi dan teknik dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam penelitian ini adalah memaknai data dengan cara membandingkan hasil data kuantitatif dari setiap siklusnya. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dapat disimpulkan bahwa supervisi kunjungan kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar. Pada siklus I nilai guru meningkat menjadi 74,72 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat lagi menjadi 92,50 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan pembinaan pada siklus I terdapat 13 orang atau 72,22% yang dinyatakan mampu, dan pada siklus II terdapat 16 orang atau 88,89% dinyatakan mampu melaksanakan penilaian hasil belajar.

Kata Kunci: supervisi kunjungan kelas, penilaian, hasil belajar

NUNING DWI ASTUTI, S.Pd.SD.
SDN 2 Gadingsukuh, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pkn Materi Nilai – Nilai Terkandung Dalam Pancasila Pada Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 2 Gadingsukuh Kecamatan Kepil Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata yaitu 73,86. Dari jumlah 25 siswa, sebanyak 17 siswa (68%) mendapatkan nilai di atas KKM, sedangkan 8 siswa (32%) lainnya masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa pada pelajaran PKn meningkat menjadi 80,8. Dari 25 siswa sebanyak 21 siswa (84%) mendapatkan nilai di atas KKM, sedangkan 4 siswa (16%) lainnya masih mendapat nilai di bawah KKM. (KKM= 75).

Kata kunci : PKn, probing-prompting, PTK

KARNI, S.Pd.SD.
SDN Sirapan 02, Kec. Madiun, Kab. Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Prestasi belajar IPS siswa Kelas VI SDN Sirapan 02 Kabupaten Madiun melalui metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh berupa hasil penilaian akhir, lembar observasi kegiatan belajar mengajar oleh observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (prestasi belajar dan ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, dan II) yaitu masing-masing 68,33 (66,67%) dan 78,33 (91,67%). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar IPS SDN Sirapan 02 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: prestasi belajar IPS, Kooperatif model JIGSAW

MULDINARTI S.Pd
SMP Negeri 2 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeeskripsikan penggunaan pendekatan PMR (pembelajaran matematika realistis) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mencapai tuntas pada materi perbandingan kelas VII A SMPN 2 Mandau semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Tahapan PTK disusun dalam siklus penelitian. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dirancang dalam 3 siklus. Analisis pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran rata-ratanya pada kategori; berdiskusi atau bertanya dalam kelompok dan antar kelompok; membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok pada siklus 2 masig-masing 3,88 dan 3,70 lebih rendah dari pada siklus 1. karena guru mengurangi bantuan pada siswa. Siklus 2 siswa dalam penyesuaian pembelajaran. Secara keseluruhan aktivitas siswa memenuhi kategori ”aktif”. Hasil pengamatan ketrampilan proses rata-rata skor tiap sklus meningkat, dari 3. 90 kemudian 3. 98, dan siklus 3 adalah 4. 00, secara keseluruhan siswa memenuhi kategori ”trampil”. Hasil evaluasi yang diberikan dari 6 item soal, kompetensi siswa terukur dengan rata-rata perolehan skor 83. Siswa dapat menguasi materi perbandingan dengan persentase 83%. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi perbandingan di kelas VII A di SMPN 2 Mandau Bengkalis mencapai KKM.

Kata Kunci: siswa aktif, hasil belajar tuntas, pembelajaran matematika realistis

TRI BUDIJATI, S.Pd.
SDN Tulungrejo 02, Kec. Madiun, Kab. Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan. peningkatan kemampuan menjelaskan kerjasama Negara Asia Tenggara siswa kelas VI SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022 melalui metode kerja kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Berdasarkan hasil analisis dan observasi yang dilakukan di kelas VI SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Madiun yang dilakukan dalam dua siklus didapatkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,67 dan ketuntasan belajar baru mencapai 66,67%, pada siklus II nilai ratarata mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 78,67 dan ketuntasan belajar mencapai 93,33%, maka dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan kemampuan menjelaskan kerjasama Negara Asia Tenggara siswa Kelas VI SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Madiun pahun pelajaran 2021/2022 melalui metode kerja kelompok.

Kata kunci: Kerjasama Negara Asia Tenggara,metode kerja kelompok

SUROTO, S.Pd.
SDN Ngaglik 3, Kec. Parang, Kab. Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada konsep membandingkan sifat kemampuan menghantar panas dari berbagai benda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan metode eksperimen. Dari penelitian yang dilaksanakan menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 39,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 8,70%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,48 dengan persentase ketuntasan sebesar 60,87%, ketuntasan belajar siklus I masih belum tercapai. Pada siklus II nilai ratarata kelas 80,65 dengan presentase ketuntasan sebesar 91,30%. Pada siklus II ini ketuntasan belajar telah tercapai dengan nilai KKM untuk konsep tersebut adalah 65. Aktifitas guru pada siklus I terkategori baik, dengan persentase 73,6%. Pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Aktifitas siswa meningkat dari kategori cukup pada siklus I dengan persentase 67,5 meningkat menjadi kategori sangat baik dengan persentase 90% pada siklus II.

Kata Kunci: hasil belajar, metode eksperimen

ASMIYENTI, S.Pd.
SDN 2 Bathin Solapan, Kab. Bengkalis, Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kompetensi guru dalam menyususn RPP melalui workshop bagi guru SDN 2 Bathin Solapan Kec. Bathin Solapan Kab. Bengkalis pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelas SDN 2 Bathin Solapan Kec. Bathin Solapan Kab. Bengkalis pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah 9 guru kelas terdiri atas 4 guru laki-laki dan 5 guru perempuan. Dalam penelitian ini ditempuh 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data nilai diambil dari nilai kajian RPP. Tolok ukur keberhasilannya adalah bila rata-rata nilai kajian RPP mencapai 81 dan kompetensi guru 85% mampu menyusun RPP. Hasil penelitian yang dilaksanakan 2 siklus menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Siklus I rata-rata kompetensinya 86,1 dan ketuntasan semua guru mencapai 78%. Siklus II rata-rata kompetensinya 91,7 dan ketuntasan 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa workshop dapat meningkatkan kompetensi guru kelas SDN 2 Bathin Solapan Kec. Bathin Solapan Kab. BengkalisSemester I Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Kompetensi, RPP, Workshop

WELAS SULISTIJANI, S.Pd.
SDN Sidomulyo 02, Kec. Wonoasri, Kab. Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn kemampuan memahami kebebasan berorganisasi siswa melalui pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together pada siswa kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes evaluasi, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I sebesar 69,23 (ketuntasan belajar 69,23 %) dan siklus II sebesar 79,23 (ketuntasan belajar 92,31%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan memahami materi kebebasan berorganisasi siswa kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

Kata-kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together

YURI, S.Pd.
SDN Jolontoro, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Akademik melalui pendampingan untuk meningkatkan kompetensi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru di SD Negeri Jolontoro semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penetitian Tindakan Sekolah. Hasil penelitian pada siklus 1, guru belum maksimal menyusun RPP. Tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal, kepala sekolah perlu mengadakan supervisi akademik melalui pendampingan secara rutin dan memberikan balikan. Dalam supervisi akademik pendampingan siklus 2, guru sudah ada peningkatan dalam menyusun RPP. Dengan hasil nilai rata-rata prasiklus 66,89, siklus 1 74,31, siklus 2 78,83 dan ketuntasan (16,67%, 50%, 83,33%). Tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, penyusunan RPP sesuai dengan standar isi. Berarti ada peningkatan kinerja guru dalam menyusun RPP. Dengan demikian tujuan penelitian dapat tercapai. Guru sebaikya menyusun RPP, dan kepala sekolah selalu melakukan supervisi terhadap gurunya.

Kata Kunci: supervisi akademik, kepala sekolah, guru

WIRDA EVANI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah (1) Mengetahui peningkatan kemampuan bercerita tokoh dengan menggunakan metode berpasangan. (2) Mendeskrepsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran bercerita dengan menggunakan metode berpasangan. Waktu Penelitian bulan April sampai bulan Juni 2019. Metode yang digunakan adalah metode berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bercerita tokoh dengan menggunakan metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar bercerita pada siswa kelas VII B SMPN 2 Mandau. Dari tes awal sejumlah 32 siswa yang tuntas hanya 11 siswa (34,37%). Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 siswa (62,50%). Pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 30 siswa (93,75%).

Kata kunci: Metode berpasangan, Kemampuan bercerita tokoh, Siswa

NURJATI, S.Pd.
SDN Dempelan 01, Kec. Madiun, Kab. Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas I SDN Dempelan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022; 2) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament pada siswa kelas I SDN Dempelan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Dempelan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I nilai rata-rata sebesar 69,17 dan ketuntasan belajar 66,67% dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,17 dan ketuntasan belajar 91,67%, maka dapat diambil kesimpulan Ada Peningkatan Kemampuan Menjelaskan Simbol Sila-Sila Pancasila Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Siswa Kelas I SDN Dempelan 01 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Prestasi belajar PKn, Metode kooperatif model Team Games Tournament

SUJATMI, S.Pd.SD
SDN Wonoasri 01, Kec. Wonoasri, Kab. Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi hak dan kewajiban siswa Kelas III SDN Wonoasri 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022 melalui pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini didapatkan pada siklus I hasil rata-rata prestasi belajar sebesar 68,46 (69,23%), pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 76,92 (92,31%), maka dapat disimpulkan bahwa: Ada peningkatan prestasi PKn siswa Kelas III SDN Wonoasri 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2021/2022 melalui pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray.

Kata kunci: Prestasi belajar PKn, Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.