Jurnal Prospektif Pendidikan, Vol. 7, No. 3, 2022

Jurnal Prospektif Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Prospektif Pendidikan
EdisiVol. 7, No. 3, Juli – September 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2540-7791

DAFTAR ISI

Hj. NORMIATI, S.Ag
MTs Negeri 1 Parigi, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan hasil belajar siswa melalui Metode Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII B MTs Negeri 1 Parigi Kabupaten Parigi Moutong Propinsi Sulawesi Tengah. Subyek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Parigi, dengan jumlah siswa 22 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa pada pra siklus mengartikan kosakata Bahasa Arab rata-rata 68,79 dan dalam siklus II menjadi 80,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 86,06. Ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 45,45% sedangkan pada siklus II menjadi 77,27% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 90,91%. Aktivitas siswa dalam belajar pada pra siklus rata-rata 57,58% pada kategori kurang, pada siklus I menjadi 79,55% pada kategori baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,18% dalam kategori sangat baik. Demikian halnya aktivitas guru dalam pembelajaran pada pra siklus adalah 62,22%, pada siklus I menjadi 78,89% sedangkan pada siklus II menjadi 91,11%. Berdasarkan penelitian ini, metode index card match merupakan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan kosakata Bahasa Arab.

Kata Kunci: penguasaan kosakata, index card match, Bahasa Arab.

SUNARMAN, S.Pd.
SDN Trajeng I, Kota Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan sikap profesionalisme guru melalui kegiatan supervisi klinis di UPT SD Negeri Trajeng I Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I s.d. VI serta guru maple UPT SD Negeri Trajeng I Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah guru sebanyak 10 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran di UPT SD Negeri Trajeng I Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah supervisi klinis kunjungan kelas meningkat dalam kategori baik; kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 75 dan siklus II sebesar 92,5, maka terjadi peningkatan sebesar 17,5%. Dengan demikain dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan supervisi klinis dengan kunjungan kelas dan meningkatkan profesionalisme guru UPT SD Negeri Trajeng I.

Kata Kunci: sikap profesionalisme, supervise klinis

SARMIN, S.Pd.SD., M.Pd
SDN 1 Pecekelan, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 melalui In House Training Model Partisipattif. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi data yang terdiri atas triangulasi teknik dan triangulasi sumber.. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan in House Training Model Partisipatif telah meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP rata-rata menjadi 96.00 dengan ketuntasan 100% yang semula hanya 66.00 dengan ketuntasan 0%. Indikator yang digunakan untuk meneliti peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 adalah hasil penilaian post test dan produk RPP rata-rata 85 dengan ketuntasan 85% . Saran penelitian secara teoristis diharapkan dapat memperkaya teoriteori tentang IHT, secara praktis sebagai bahan masukan bagi sekolah untuk melakukan tindakan guna meningkatkan mutu sekolah.

Kata kunci: kompetensi guru, kurikulum, IHT

Dra. BARDAH
SMP Negeri 2 Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif komparatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Di dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Mei 2019 dengan subjek siswa kelas VII C semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian meliputi RPP, sumber belajar, media pembelajaran, kartu soal, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang menghitung presentase keberhasilan tindakan lalu membandingkan data pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan penelitian diperoleh simpulan bahwa tindakan yang diperlukan dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournaments untuk meningkatkan prestasi belajar melalui beberapa tahap, yaitu tahap penyajian kelas, tahap diskusi kelompok, tahap turnamen, dan tahap penghargaan. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa di kelas VII C dari jumlah ratarata 64,11 menjadi 72,05 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,11 pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 85,29%. Di dalam menerapkan model Team Games Tournaments, guru diharapkan dapat mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan pembelajaran dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien.

Kata kunci: metode kooperatif Team Games Tournaments, kerjasama kelompok

YARWATI, S.Pd.
Pengawas SD di Lingkup Dinas Pendidikan, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru SD di Kecamatan Gedangan dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar melalui pembinaan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam 2 siklus kegiatan. Pembinaan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru SD di Kecamatan Gedangan dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, hal ini ditandai dengan meningkatnya rata-rata persentase hasil instrumen penilaian dengan indikator keragaman sumber belajar yang dimanfaatkan, kemudahan dalam memanfaakan sumber belajar, ketepatan sumber belajar dengan materi yang dipelajari, dan kemanfaatan sumber belajar dalam membantu siswa untuk memahami materi dengan cara yang lebih mengesankan dan menyenangkan. Jika pada pelaksanaan Siklus I, rata-rata persentase nilai masih sebesar 51,4%, maka pada pelaksanaan Siklus II sudah meningkat menjadi 79,2%.

Kata Kunci: kompetensi guru, media belajar, CTL

RETNO LISTIYANI, S.Pd.
SMK Negeri 4 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan belajar program linear melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing di kelas XI GP 2 SMKN 4 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini Kelas XI GP 2 SMKN 4 Bojonegoro yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan ganda. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dalam meningkatan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Dengan pelaksanaan tindakan menggunakan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing ini telah diperoleh peningkatan. Pada siklus I, siswa yang tuntas hanya 27 siswa dengan nilai rata-rata 76, sehingga ketuntasan klasikal hanya 75%. Sementara pada siklus 2, terjadi peningkatan pada jumlah siswa yang tuntas menjadi 33 siswa dengan nilai ratarata 86, sehingga ketuntasan klasikal mencapai 91%.

Kata kunci: hasil belajar, Active Knowledge Sharing, program linier

ELMIRA, S.Pd.
SDN 18 Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau

Abstrak: Berdasarkan hasil pengamatan awal, peneliti menemukan bahwa hasil belajar siswa kelas VI SDN 18 Bathin solapan pada mata pelajaran Matematika masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dan lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak menemukan sendiri materi pembelajaran yang hendak dicapai dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penerapan Metode Small Group Discussion ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase. Subjek penelitian adalah kelas VI SDN 18 Bathin solapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Metode Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Secara klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase nilai yang diperoleh pada siklus I persentase ketuntasa belajar yang diperoleh sebesar 64,29% dan siklus II sebesar 85,71%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika.

Kata Kunci: metode small group discussion, hasil belajar, matematika

ADI WALUYO, S.Pd.
SMP Negeri 1 Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Usaha Pembelaan Negara di mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode pebelajaran kooperatif tipe Team assisted individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan berbagai tindakan guna memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.C SMP Negeri 1 Jepon yang nilai rata-rata kelas masih rendah atau kurang dari 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Untuk menganalisis data nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar kelasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Usaha Pembelaan Negara dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I : 81 dengan ketuntasan kelasikal 84% dan Nilai rata rata hasil belajar siklus II 84 dengan ketuntasan belajar kelasikal 91%. Masing-masing nilai rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan kelasikal pada siklus I dan II mengalami kenaikan. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan tiap siklusnya.

Kata Kunci: hasil belajar, team assisted individualization

ZUNNURIN ISNAINI, S,Pd
SMP Negeri 1 Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada pembuatan digital story telling ecocolumn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa data berupa deskripsi. Sebagai subyek penelitian peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Beji kabupaten Pasuruan yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, rubrik kreativitas proses dan produk serta tanggapan peserta didik dengan menggunakan google form. Keterlaksanaan pembelajaran pada analisa data didapatkan perhitungan rata-rata sebesar 83,3% pada kategori baik. Sedangkan nilai kreativitas proses dari peserta didik rata-rata pada kategoti baik yaitu Indikator menentukan tantangan kreatif 88,9%, identifikasi sumber informasi 77,8%, menghasilkan dan memilih gagasan 83,3% serta menyajikan hasil pekerjaan kepada pengguna 94,4% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan nilai kreativitas pada produk STEM untuk kategori Fluency dengan indikator konten dan tema sebesar (89,6%) kriteria baik. Kategori Elaboration dengan indikator gambar sebesar (91,7%) kriteria Sangat Baik serta kategori Originality dengan indikator Editing sebesar (87,5%) kriteria Baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran berbasis proyek dengan STEM dapat mengembangkan kreativitas proses dan produk peserta didik dan mendapatkan tanggapan yang positif. Peserta didik termotivasi untuk lebih aktif dalam mnembangkan kreativitasnya.

Kata kunci: PjBL dengan STEM, digital story telling ecocolumn.

TRI SUSILOWATI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Gerih, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Gerih, tahun pelajaran 2019/2020, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Setelah model diterapkan telihat adanya peningkatan peran aktif siswa, peningkatan nilai ulangan harian dan meningkatkan jumlah siswa yang sudah tuntas belajar. Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 73,5 dengan ketuntasan 62,5% pada KKM 75. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas baru mencapai 75,7 dengan ketuntasan 71,88% pada KKM 75. Pada siklus 3 nilai rata-rata kelas baru mencapai 80,8 dengan ketuntasan 93,75% pada KKM 75. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe Think Pair Share, matematika

ZAMZAMAH, S.Pd.I.
SDN 6 Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui media Audio-Visual. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini memiliki 2 siklus. Pelaksanaan penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan. Yakni Pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual Ketuntasan belajar siswa meningkat dalam setiap Siklus yaitu pada Siklus I sebesar 73,91%, dan Siklus II sebesar 86,95%. Oleh karena tu penelitian ini dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: media audio visual, hasil belajar, PAI

SUTJI UTAMININGRUM, S.Pd.
SMP Negeri 1 Gerih, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivisme dengan metode diskusi presentasi dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa bidang studi seni budaya pada pokok bahasan Seni Grafis ini dilakukan di kelas IX A tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Gerih. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Hasil pada siklus pertama diperoleh hasil rata-rata kelas adalah 72,7 dan prosentase ketuntasan belajar siswa 72,73%. Pada siklus kedua diperoleh hasil rata-rata kelas adalah 83,34 dan prosentase ketuntasan belajar siswa 87,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa, ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan belajar siswa. Dari observasi aktivitas siswa diperoleh data bahwa prosentase aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran konstruktivis dengan diskusi dan presentasi meningkat menjadi 85,19%.

Kata kunci: pendekatan konstruktivisme, metode diskusi presentasi, Seni Grafis

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.