Jurnal Prospektif Pendidikan, Vol. 6, No. 3, 2021

Jurnal Prospektif Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Prospektif Pendidikan
EdisiVol. 6, No. 3, Juli – September 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2540-7791

DAFTAR ISI

MAKHNIAR KAMASE, S.Pd.
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fisika materi usaha dan energi pada siswa kelas XI MIA-5 MAN 2 Kota Palu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika materi usaha dan energi pada siswa kelas XI MIA-5 MAN 2 Kota Palu dengan model pembelajaran PBL 3) mengetahui langkah- langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika materi usaha dan energi pada siswa kelas XI MIA-5 MAN 2 Kota Palu dengan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan hasil penelitian adalah 1) penerapan model pembelajaran PBL pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar fisika materi usaha dan energi pada siswa kelas XI MIA-5 MAN 2 Kota Palu. 2) nilai rata-rata hasil belajar pree test pada siklus I adalan 51,46 dan nilai rata-rata post test adalah 74,57 sehingga nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Pada siklus II nilai rata-rata pree test 60,63 sedangkan nilai rata-rata post test adalah 86,17 sehingga nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.

Kata Kunci: model pembelajaran Project Based Learning (PBL), hasil belajar fisika

MAFRI OKBER, S.Pd.SD
SDN 2 Bukit Batu, Kab. Bengkalis, Provinsi Riau

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bahwa melalui supervise akademik dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan implementasi model pembelajaran PAIKEM bagi guru-guru SDN 2 Bukit Batu semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui besarnya peningkatan keterampilan implementasi model pembelajaran PAIKEM melalui supervise akademik dengan pendekatan kolaboratif pada guru SDN 2 Bukit Batu semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dalam dua siklus. Setiap siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen observasi. Penelitian ini adalah menunjukkan adanya peningkatan kompetensi Guru. Jumlah nilai meningkat sebesar 140, dari kondisi awal 668 menjadi 720 pada siklus I dan naik lagi 808 pada siklus II. Rerata nilai naik 15,6. Pada kondisi awal 74,2, menjadi 80,0 pada siklus I dan naik lagi menjadi 89,8 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal naik sebesar 66,7%. Pada kondisi awal hanya 33,3% naik menjadi 77,8% pada siklus I dan naik lagi menjadi 100% pada siklus II.

Kata kunci: PAIKEM, Supervisi Akademik, Pendekatan Kolaboratif.

YUSNI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Mandau, Kab. Bengkalis, Provinsi Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya materi soal terapan melalui penggunaan mading penter bagi siswa kelas VIII B pada semester I tahun 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan dan merefleksi hasil tindakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik tes dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dari kondisi awal ke kondisi akhir (siklus II) terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 62% yaitu dari rata-rata kodisi awal 47,1 menjadi 76,3. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan 45,9% dari kondisi awal 8,3% yang tuntas belajar menjadi 54,2%. Berdasarkan pengamatan selama tindakan siklus I kehadiran siswa 92% , pada penyajian materi 83% siswa sudah memperhatikan penjelasan guru. Untuk siklus II kehadiran siswa 100%, pada tahap penyajian materi 96% siswa memperhatikan pada waktu guru menjelaskan. Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar dan juga terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika. Mading Penter. Keaktifan Siswa

ENDAH KUSROTUL HAIKAH, S.Pd.
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Penerapan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VII-C Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII-C Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil penilaian akhir, lembar observasi kegiatan belajar mengajar oleh observer. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (hasil belajar dan ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, dan II) yaitu siklus I nilai rata-rata 73,55 (ketuntasan: 65,22%) dan pada siklus II nilai rata-rata 80,19 (ketuntasan: 93,55%).. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Penerapan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VII-C Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: prestasi belajar IPA, lingkungan, model JIGSAW

TRI SURYATI, S.Pd.SD.
SD Negeri 1 Sawangan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuanpenelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu Pandawa dan Kurawa dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pandawa dan kurawa dalam materi operasi hitung bilangan bulat kelas V di SD Negeri 1 Sawangan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu siklus 1 nilai keaktifan siswa 70,13 dan meningkat di siklus II nilai keaktifan siswa 76,3 masuk dalam kategori baik, Penggunaan media kartu pandawa dan kurawa dalam materi operasi hitung bilangan bulat kelas V di SD Negeri 1 Sawangan dapat meningkatkan ketuntasan siswa yaitu pada pra siklus 11 dari 24 siswa (46%), siklus I 17 dari 24 siswa (70,8%), dan siklus II 23 dari 24 siswa (96%), dan penggunaan media kartu pandawa dan kurawa dalam materi operasi hitung bilangan bulat kelas V di SD Negeri 1 Sawangan dapat hasil belajar siswa yaitu pada pra siklus nilai rata-rata 62,5; siklus I 73,75; dan siklus II 81,88

Kata Kunci: kartu pandawa dan kurawa, hasil belajar, keaktifan siswa

UMMI KALSUM, S.Pd.
MA Negeri 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia melalui model STAD pada siswa kelas XII MIA-1 MA Negeri 2 Kota Palu semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini adalah MA Negeri 2 Kota Palu dengan jumlah siswa 27 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasarkan tahapan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh dan perhatian siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa sebesar 57,96. Terdapat 10 orang siswa dari 27 orang siswa dinyatakan tuntas dengan persentase kelulusan sebesar 37,04%. Setelah tindakan siklus I, penguasaan materi pelajaran sedikit meningkat menjadi rata- rata 78,89 dengan siswa tuntas sebanyak 19 orang siswa dari 27 orang siswa dan yang belum tuntas juga sejumlah 8 orang siswa sehingga persentase kelulusan sebesar 70,37%. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 87,65 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 25 orang siswa dari 27 orang siswa dan 2 orang siswa belum tuntas dengan persentase kelulusan sebesar 92,59%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yakni 85% sehingga penelitian dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan kesimpulan bahwa pemanfaatan model pembelajaran koopertif telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar Kimia.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar

AGUS SUSILO, S.Pd
Pengawas Sekolah Dasar, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD Kelas IV dalam pembelajaran jarak jauh melalui penggunaan media ICT (Information and Communication Technology) di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran jarak jauh secara umum diperoleh rata-rata 67,1 yang masih termasuk dalam kategori rendah. Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran jarak jauh pada siklus 1 sudah mulai ada peningkatan, namun masih termasuk dalam kategori yang cukup, dengan nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran jarak jauh sebesar 71,1. Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran jarak jauh pada siklus 2 mengalami peningkatan yang memuaskan. Guru telah memahami arti penting ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga dapat merencanakan skenario pembelajaran dengan memanfaat ICT (Information and Communication Technology) yang dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan baik. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran jarak jauh sebesar 78,7.

Kata kunci: kompetensi pedagogik, pembelajaran jarak jauh, ICT.

ZULKARNAIN, S.Pd.
SD Negeri 14 Rupat, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan pembelajaran Active and fun learning (AFL) melalui teknik pendampingan pada guru SDN 14 Rupat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Semester II Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan di SDN 14 Rupat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis pada Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian berlangsung selama empat bulan, terhitung sejak tanggal 2 Januari sampai dengan 30 April 2019. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas IV, V dan VI di SDN 14 Rupat. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan catatan data lapangan, wawancara dan hasil tes. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini melalui refleksi sesuai dengan indikator kinerja yang ditentukan. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru melaksanakan Active and fun learning (AFL) melalui teknik pendampingan pada SDN 14 Rupat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 meningkat dan termasuk kategori baik.

Kata Kunci: keterampilan guru, active and fun learning, teknik pendampingan

ENDANG SULISTIYORINI, S.Si., M.Pd.
SMA Negeri 5 Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika materi pokok Jarak dalam Ruang dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle-5E siswa kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 5 Surabaya; (2) Mendeskripsikan prestasi belajar matematika materi pokok Jarak dalam Ruang dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle-5E siswa kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 5 Surabaya; dan (3) Mendeskripsikan respon siswa kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 5 Surabaya terhadap pembelajaran matematika materi pokok Jarak dalam Ruang dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle-5E. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap kegiatan dan pelaksanaan; (3) tahap observasi dan interpretasi; dan (4) refleksi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata- rata siswa 74,19; siswa yang tuntas belajar hanya 24 siswa dari 35 siswa dan yang tidak tuntas berjumlah 11 siswa, sehingga persentase siswa yang tuntas adalah sebesar 68,75%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80,27 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 siswa sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa, sehingga persentase siswa yang tuntas adalah sebesar 94,29%.

Kata Kunci: prestasi belajar matematika, model pembelajaran Learning Cycle-5E

SUPARMI, S.Pd.
SMA Negeri 4 Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fisika materi pokok Suhu dan Kalor dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament (TGT) siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo; (2) Mendeskripsikan prestasi belajar Fisika materi pokok Suhu dan Kalor dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament (TGT) siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo; (3) Mendeskripsikan respon siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo terhadap pembelajaran Fisika materi pokok Suhu dan Kalor dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap kegiatan dan pelaksanaan; (3) tahap observasi dan interpretasi; dan (4) refleksi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan, nilai rata-rata siswa 69,97 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 47,22% (15 siswa). Setelah tindakan siklus I, nilai rata-rata siswa 75,4 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,29% (19 siswa). Pada siklus II, nilai rata- rata siswa 81,06 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,7% (30 siswa).

Kata Kunci: fisika, pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament (TGT)

AMRAH, S.Pd.SD.
SDN 7 Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, Provinsi Riau

Abstrak: Tujuan penelitian adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika tentang operasi hitung pecahan melalui model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas V SDN 7 Bengkalis Tahun 2018/2019. Penelitian dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 yaitu mulai bulan Januari sampai dengan April 2015. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 7 Bengkalis Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Hasil yang diperoleh dari penelitian, pada pembelajaran pra siklus keaktifan belajar siswa rendah. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari 23 siswa, yang tuntas belajar adalah 11 siswa (47,83%) dengan rata- rata kelas 62,61. Pada siklus I, keaktifan belajar siswa menjadi sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar meningkat menjadi 16 siswa (69,57%) dengan rata-rata kelas 71,74. Hasil pada siklus II kembali meningkat. Keaktifan belajar siswa menjadi tinggi dengan ketuntasan belajar mencapai 19 siswa (82,61%) dan rata-rata kelasnya adalah 76,52. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meingkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Bengkalis tahun 2018/2019 pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan.

Kata Kunci: keaktifan belajar, hasil belajar, pembelajaran Problem Based Learning.

HERU SUBAGIO, S.Pd.
MAN 3 Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Pembelajaran sejarah yang menyenangkan atau yang lebih dikenal dengan PAKEM (pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan) merupakan harapan semua guru, tapi untuk mencapai itu semua tidaklah mudah, membutuhkan perubahan pola pikir yang mendasar, usaha yang terus menerus tanpa kenal istilah putus asa dan ini memang sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang guru untuk menciptakan pembelajaran yang berkwalitas. Proses pembelajaran sejarah yang terpusat pada guru dengan penyampaian fakta-fakta kering, monoton dan menjemukan bagi peserta didik bukan suatu yang sulit ditemukan dalam pembelajaran sejarah di madrasah-madrasah. Beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain harus segara ditemukn jalan keluarnya. Pemanfaatan media video sejarah merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan diatas.

Kata kunci: perubahan, metode, PAKEM, media video

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.