Jurnal Ekspresi Pendidikan, Vol. 7, No. 3, 2021

Jurnal Ekspresi Pendidikan merupakan jurnal yang memuat hasil penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan. Bersama pendidik dan tenaga kependidikan berkarya dalam dunia pendidikan.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Ekspresi Pendidikan
EdisiVol. 7, No. 3, Juli – September 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2477-5207

DAFTAR ISI

Hj. SARFINA, S.Ag.
MA Alkhairaat Parigi, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar qiro’ah pembelajaran bahasa Arab melalui metode jigsaw pada siswa kelas XI PAI-A MA Alkhairaat Parigi. Penelitian menggunalkan desain penelitian tindakan kjelas yang dilakksanakan dalam abentuk siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa masih terlihat bingung dengan tugas mereka di kelas, hasil pemahaman siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 14 siswa (70%) sedangkan rata-rata kelas siklus I adalah 70,38. Hasil pemahaman siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 19 siswa (95%) sedangkan rata-rata kelas siklus II adalah 89,35. Dengan demikian maka pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar Bahasa Arab pada aspek qira’ah.

Kata Kunci: pemahaman siswa pada aspek qiroah, metode jigsaw

AMRYANA, S.Pd.
SMA Negeri 7 Soppeng, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing pada materi Integral yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 7 Soppeng, Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Soppeng, Kabupaten Soppeng yang terdiri atas 25 siswa. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes akhir siklus, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kegiatan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka pembelajaran yang menggunakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Integral, yaitu pada kemampuan awal baru mencapai 56,75 dengan ketuntasan 32%, kemudian pada siklus I pada siklus I nilai rata-rata mencapai 72,40 dengan ketuntasan 68%; meningkat pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 76.05 dengan ketuntasan 88%. pada siklus II. Untuk hasil angket siswa dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan keaktifan siswa serta siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi yang diberikan.

Kata Kunci: penemuan terbimbing, hasil belajar, integral

TITIK SUPRIJATI, S.Pd.
SMP Negeri 4 Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikana pembelajaran kooperatif model Jiqsaw dalam meningkatkan prestasi belajar IPA struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas VIII DSMP Negeri 4 Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas model yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan bahwa Metode kooperatif model Jiqsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Pacitan pada tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 82,3 dengan ketuntasan 96,70% pada KKM 75.

Kata kunci: model Jiqsaw, prestasi belajar IPA, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

SUHARTO, S. Ag.
Pengawas Sekolah Madya, Kemenag Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Abstract: Supervisors of Islamic Education (PAI) have a very important role in improving the quality of education both in terms of process and output. Its position as supervisor of PAI subjects in schools to support the implementation of the PAI teacher’s duties. The main task is to plan supervision, foster, monitor, and assess the implementation of learning PAI, and prepare kepengawasa report. Function as a supervisor to carry out academic supervision for teachers PAI. The results of supervision will be the evaluation material to carry out the guidance of PAI teachers. Given the importance of the PAI supervisory duties, it is deemed necessary to optimize the position, the main duty and function so that the PAI supervisor is not considered an unnecessary position. This optimization involves enhancing local government and ministerial cooperation in managing the division of supervisory tasks, developing the profession of PAI supervisors, and making PAI supervisors the first priority to be equipped with the latest knowledge and information related to Islamic religious education.

Keywords: supervisor, Islamic Education (PAI), academic supervision

LILIN TRI ISMIYATI, S.Pd.
SDN Milangasri 2, Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untukendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana dengan metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT) dan media gambar mapel Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 SDN Milangasri 2 Kabupaten Magetan Semester 2 Tahun 2019/2020. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I mencapai ketuntasan belajar rata-rata 66,66% dan pada siklus II 83,33%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan siswa sebesar 18,8%. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,5 pada siklus 1 menjadi 72,5 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (CPTT) dengan Media Gambar berhasil meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas I SDN Milangasri 2 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT), media gambar, kemampuan Bahasa Indonesia

BUDI SANTOSA , S.Pd, M.Pd.
SDN Siwalan 1 Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda kongkrit berupa: kerikil, daun, ranting, gambar dsb sebagai alat berhitung siswa dalam kegiatan menjumlahkan dan mengurangkan suatu bilangan pada siswa kelas I SD Negeri Siwalan 1 Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 dengan jumlah siswa 18 terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Sebelum diadakan perbaikan hanya terdapat 8 siswa yang dapat mencapai nilai KKM 65, pada siklus I siswa yang mencapai KKM menjadi 11 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa yang bisa mencapai KKM, artinya dari 18 siswa, ada 18 siswa yang tuntas mencapai KKM. Dari penelitian ini dapat dilihat adanya peningkatan kemampuan siswa sebagai berikut: Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 53,37 dengan ketuntasan 61,1% pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 77,50 dengan ketuntasan 100% pada KKM 70. Ini membuktikan bahwa penggunaan bantuan benda-benda kongkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran matematika dalam penjumlahan dan pengurangan.

Kata kunci: matematika, penjumlahan, pengurangan, metode bervariasi

KALDAH, M.Pd.I
MI Negeri 4 Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Aplikasi Paintastic pada muatan SBdP materi Membuat Gambar Motif Batik. Pembelajaran dinyatakan berhasil apabila jumlah aktivitas siswa mencapai kategori sedang atau tinggi mencapai 70%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas VI A MIN 4 Banjarnegara Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara dari tanggal 5 sampai dengan 17 Oktober 2020. Dari hasil penulisan diperoleh hasil telah terjadi peningkatan aktivitas dalam pelaksanaan pembelajaran SBdP materi Membuat Gambar Motif Batik menggunakan Aplikasi Paintastic. Hasil obeservasi keaktifan siswa selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori rendah mencapai 23,53%, kategori sedang mencapai 58,82% dan kategori tinggi mencapai 17,64%. pada siklus II kategori rendah mencapai 8,82%, kategori sedang mencapai 43,14% dan kategori tinggi mencapai 48,04%.

Kata Kunci: aktivitas belajar SBdP, membuat gambar motif batik, aplikasi paintastic

ANIK SUPRAPTI, S.Pd.
SDN Milangasri 2, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan prestasi belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup melalui metode simulasi dan tanya jawab pada siswa kelas VI SDN Milangasri 2 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan semester i tahun pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian adalah kelas SD Negeri Milangasri 2 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 Waktu penelitian awal Agustus sampai akhir September 2018 Obyek Penelitian adalah siswa kelas VI. Jumlah siswa keias VI yang dijadikan obyek penelitian adalah 9 siswa.Pada akhir siklus penelitian tindakan kelas dikemukakan interprestasi bahwa sehubungan dengan itu, pada akhirnya tim kolaborasi bersimpulan bahwa guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia sudah lebih inovatif, aktif, kreatif dalam mencari berbagai model pembelajaran agar tidak membingungkan siswa. Dan bahkan bisa menyenangkan siswa sehingga siswa bisa aktif belajar dalam tujuan meningkatkan nilai hasil belajarnya. Bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan simulasi dan Tanya jawab ini lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran sebelumnya. Hasil pengamatan terhadap faktor peningkatan nilai hasil belajar adalah nilai 50.00 pada Pra siklus meningkat menjadi 67.31 (tuntas 55,6%) pada siklus Kesatu dan 80.00 (tuntas 100%) pada siklus kedua.

Kata Kunci: perkembangbiakan makhluk hidup, metode penyajian kasus

GATOT PRIYADI, M.Pd
SD Negeri Margopatut 1, Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui pendampingan di sekolah binaan SD Negeri Margopatut 1 Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru, dalam meningkatkan kemampuan guru agar menjadi lebih baik dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Prosedur ini mencakup tahap-tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 . Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP Kurikulum 2013 mencapai 60,7% dan pada siklus II 81,25%. Jadi, terjadi peningkatan 20,55% dari siklus I.

Kata kunci: kompetensi guru, menyusun RPP, teknik pendampingan

SUMARTINI, S.Pd.
TK Dharmawanita I, Desa Manjung, Panekan, Kab. Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan menempel dengan teknik mozaik untuk meningkatkan motorik halus anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 3 kali siklus dimana setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B TK Dharmawanita I Desa Manjung Kec Panekan Kab Magetan dengan jumlah anak 20 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 6 anak permepuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I menempel Mozaik dengan keindahan ada 13 anak dengan persentase 65%, unik 12 anak dengan persentase 60%, antusias 9 anak dengan persentase 45%, tepat waktu 10 anak dengan persentase 50%. Pada siklus ke II Dibuktikan dengan persentase menempel Mozaik dengan keindahan ada 16 anak dengan persentase 80%, unik 16 anak dengan persentase 80%, antusias 15 anak dengan persentase 75%, tepat waktu 15 anak dengan persentase 75%. Pada siklus III dibuktikan dengan menempel Mozaik dengan keindahan ada 19 anak dengan persentase 90%, unik 19 anak dengan persentase 95%, antusias 19 anak dengan persentase 95%, tepat waktu 19 anak dengan persentase 95%.

Kata Kunci: Motorik Halus, Menempel, Teknik Mozaik

MARIYANTO, S.Pd.
SMP Negeri 3 Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Donorojo Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Data penelitian berupa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif GI dan prestasi belajar. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif GI diperoleh melalui observasi dan prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes akhir siklus.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Donorojo Pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil analisis evaluasi belajar akhir siklus, prosentase siswa yang memenuhi KKM dari siklus kedua diperoleh data terdapat 5 siswa belum tuntas pembelajarannya dari 32 siswa menuhi KKM 67% pada siklus I, 75% pada siklus II meningkat menjadi 85% pada siklus III.Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif GI di kelas IX-ASMP Negeri 3 Donorojo Pacitan, diperoleh kesimpulan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran di kelas tersebut mengalami kenaikan dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 13% dan telah dilaksanaan dengan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika pada kelas IX-A SMP Negeri 3 Donorojo.

Kata kunci: model pembelajaran GI, prestasi belajar, bangun ruang sisi lengkung

Dra. YUSIATI
SMP Negeri 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media ilustrasi gambar dalam meningkatkan prestasi belajar serta kemampuan menulis teks eksemplum pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dari masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 70 dengan ketuntasan 16% pada KKM 75. Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 83,31 dengan ketuntasan 100% pada KKM 75. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran belum mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata Kunci: media ilustrasi gambar, kemampuan menulis, teks eksemplum

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan menghubungi kontak kami.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.