Jurnal Progresif Pendidikan, Vol. 6, No. 2, 2021

Jurnal Progresif Pendidikan merupakan jurnal yang memuat artikel penelitian dan non-penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Jurnal ini terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei, dan September.

Judul JurnalJurnal Progresif Pendidikan
EdisiVol. 6, No. 2, Mei – Agustus 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit4 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2527-6700

DAFTAR ISI

SITI ARPIAH MOH. ARIF, S.Pd.
MA Alkhairaat Parigi, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Sejarah Kelas X P-MIA MA Alkhairaat Parigi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan bulan September 2019 sampai November 2019. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X P-MIA MA Alkhairaat Parigi tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa Kelas X P-MIA ada 23 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tindakan kelas, observasi, analisis dan pembahasan yang telah di dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Sejarah Kelas X P-MIA MA Alkhairaat Parigi tahun pelajaran 2019/2020, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 30,43% (7 siswa) menjadi 82,61% (19 siswa) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% (23 siswa). Pada awal siklus terdapat beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran, tetapi setelah diadakan refleksi dan perbaikan maka proses pembelajaran pada siklus II dapat mencapai keberhasilan sesuai target yang diharapkan.

Kata Kunci: motivasi belajar sejarah, pendekatan saintifik

ARI PENI NURCAHYANI, S.Hut, M.Pd.
SMP N 1 Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengetahui bagaimana guru tahu kesulitan belajar siswa dalam materi getaran, gelombang dan bunyi, (2) Mengembangkan tes diagnostik kognitif dengan instrumen pilihan ganda yang disertai alasan, (3) Mengetahui karakteristik butir tes diagnostik yang dikembangkan, dan (4) mengetahui tingkat kesulitan siswa dalam pelajaran IPA pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Analisis yang dilakukan meliputi (1) analisis validitas butir dengan menggunakan program ana tes, (2) analisis reliabilitas dengan menggunakan ana tes. Hasil penelitian ini adalah instrumen tes diagnostik materi getaran, gelombang dan bunyi untuk siswa kelas VIII SMP yang telah memenuhi validitas isi, validitas butir dan valididtas konstruk. Hasil menunjukkan bahwa : (1) instrumen tes diagnostik final terdiri dari 18 butir soal yang valid, (2) koefisien reliabilitas instrumen tes diagnostik final sebesar 0,72, (3) dari hasil desiminasi produk menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada aspek kognitif C5 yaitu bentuk soal-soal yang mengevaluasi.

Kata kunci: instrumen tes diagnostik, prosedur pengembangan

YUNANIK AMBARWATI, S.Pd.SD
SDN Sareng 02, Kec. Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan kemampuan memainkan alat musik ritmis dan melodis dengan metode demonstrasi siswa kelas VI SDN Sareng 02 Kecamatan Geger Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reaserch) yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi guru di dalam kelas. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan siswa cenderung lebih baik setiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa Ada peningkatan kemampuan memainkan alat musik ritmis dan melodis dengan metode demonstrasi siswa kelas VI SDN Sareng 02 Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata pada siklus I sebesar 67,27 (ketuntasan 54,55%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,27 (ketuntasan 90,91%). Motivasi dan aktivitas belajar memainkan alat musik ritmis dan melodi pada siklus I mencapai skor rata-rata 3,12 dari skor maksimal 5,0 atau pada tingkat 62,4%. Pada siklus II mencapai skor rata-rata 4,36 dari skor maksimal 5,0 atau pada tingkat 87,2%.

Kata Kunci: Kemampuan memainkan alat musik, metode demonstrasi

SRI WAHJUNINGSIH, S.Pd.
SMP Negeri 1 Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IX E SMP Negeri 1 Karas, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Data diambil dari 32 siswa dengan materi Procedure Text dan menggunakan metode Real Practice. Penelitian ini terdiri dari dua Siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu planning, acting, observation, dan reflection. Selama penelitian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok yang mana masing-masing keompok diberi tugas untuk melakukan praktik nyata membuat makanan/minuman/melakukan sesuatu. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan jumlah ketuntasan yang cukup signifikan antara Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Pada Pra-Siklus, jumlah siswa yang tuntas adalah 3 orang (9,37%) dan yang tidak tuntas adalah 29 orang (90,63%). Pada Siklus I, jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 6 orang (18,75%) dan tuntas 26 orang (81,25%). Sementara itu, pada Siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 29 orang (90,63%) dengan 3 orang saja (9,37%) yang belum tuntas. Secara keseluruhan, hasil belajar siswa tampak jauh lebih baik pada Siklus I dan Siklus II daripada Pra-Siklus.

Kata Kunci: metode pembelajaran, real practice, procedure text.

DWI YULIANINGRUM, S.P.
SMA Negeri 1 Sukomoro, Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Biologi melalui Inkuiri Terbimbing dapat peningkatan hasil belajar Biologi dan untuk mendeskripsikan adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran Biologi siswa kelas X.IPA.1 SMA Negeri 1 Sukomoro khususnya materi Kenaekragaman Hayati. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian merupakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatitf. Desain penelitian adalah Postest-Only Control Design. Obyek penelitian adalah siswa kelas X.IPA.1 SMA Negeri 1 Sukomoro tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data mengguna- kan metode tes, dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Biologi melalui Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.IPA.I pada materi Keanekaragaman Hayati. Pada siklus 1 rata-rata nilai pengetahuan 73,77 menjadi 81,35, pada siklus 2, rata-rata nilai ketrampilan pada siklus 1 adalah 68,89 dan pada siklus ke-2 adalah 81,00. Pembelajaran melalui Inkuiri Terbimbing dapat terlaksana dengan baik dan dapat menumbuhkan rasa keingintahuan siswa terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keanekaragaman hayati.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, eksperimen, keanekaragaman hayati, dan hasil belajar

OVI ROSITA, S.Psi., M.Pd.
SMPN 1 Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh sikap percaya diri terhadap prestasi belajar IPA.; (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPA; (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA; (4) Untuk mengetahui pengaruh sikap percaya diri, kecerdasan emosional, dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket.Untuk menguji hipotesis 1, 2 dan 3 digunakan model korelasi product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis keempat menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif yang signifikan sikap percaya diri terhadap prestasi belajar IPA. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPA. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA. (4) Ada pengaruh positif yang signifikan secara bersama-sama sikap percaya diri, kecerdasan emosional, dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPA.

Kata Kunci: sikap percaya diri, kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, prestasi belajar IPA.

RAHMATIAH, S.Pi.
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan prestasi siswa dengan penerapan metode make a match pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di kelas XI MIA-1 MA Negeri 2 Kota Palu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian siswa kelas XI MIA-1 MA Negeri 2 Kota Palu yang terdiri dari 27 siswa, pada bulan September sampai dengan bulan November 2017. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa kelas XI MIA-1 MA Negeri 2 Kota Palu dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan menggunakan strategi make a match dapat ditingkatkan. Secara kuantitatif peningkatan motivasi siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata persentase angket motivasi belajar pada pra siklus sebesar 30,83% dengan kategori rendah, pada siklus I sebesar 72,78% dengan kategori tinggi, dan pada siklus II sebesar 85,31% dengan kategori sangat tinggi. (2) Prestasi belajar siswa kelas XI MIA-1 MA Negeri 2 Kota Palu dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 68,74 siklus I sebesar 73,58 dan siklus II mencaai 85,29. Selain itu dapat juga dilihat dari siswa yang tuntas pada pra siklus 51,85%, pada siklus I siswa tuntas 74,07%, sedangkan ada siklus II tuntas 92,59%.

Kata kunci: prakarya dan kewirausahaan, metode make a match, motivasi dan prestasi belajar siswa

SRI AYEM, SPd.,M.Pd.
SMP Negeri 1 Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kemampuan awal, perhatian orang tua, dan suasana belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kantitatif menggunakan analisis regresi berganda dengan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara (1) kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika sebesar 29,90%, (2) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika sebesar 21,15%, (3) suasana belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 10,53%. Secara bersama-sama kemampuan awal, perhatian orang tua dan suasana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 61,6%.

Kata kunci: kemampuan awal, perhatian orang tua, suasana belajar, prestasi belajar matematika

DWI RATNAWATI, S.P.
SMA Negeri 1 Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Biologi melalui Strategi Pembelajaran Gallery of Learning sebagai upaya peningkatan hasil belajar Biologi dan untuk mendeskripsikan adanya kelebihan dan kekurangan penerapan Strategi Pembelajaran Gallery of Learning dalam pembelajaran Biologi siswa kelas X.MIA.3 SMA Negeri 1 Sukomoro khususnya materi Ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian merupakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatitf. Desain penelitian adalah Postest-Only Control Design. Obyek penelitian adalah siswa kelas X.MIA.3 SMA Negeri 1 Sukomoro tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggu- nakan metode tes, dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Biologi melalui Strategi Pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.MIA.3 pada materi Ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan. Pada siklus 1 rata-rata nilai pengetahuan 72,33 menjadi 75,33, pada siklus 2, Pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran Gallery of Learning dapat terlaksana dengan baik dan dapat menumbuhkan rasa keingintahuan siswa terhadap Ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan.

Kata Kunci: strategi pembelajaran gallery of learning, divisio dalam dunia tumbuhan, dan hasil belajar

KHOIRUL HAKIM, S.Pd.
SMP Negeri 11 Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk menurunkan frekuensi ketidakhadiran siswa saat PJJ dimasa pandemi covid-19 pada siswa kelas IX-E UPT SMP Negeri 11 Gresik tahun pelajaran 2020/2021. Melalui pemberian tindakan konseling kelompok teknik latihan asertif yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi ternyata dapat menurunkan frekuensi ketidakhadiran siswa. Ini dibuktikan dari hasil studi dokumentasi melalui presensi on-line, pada kondisi awal diperoleh data ketidakhadiran siswa sebanyak 37 dengan persentase 49%, setalah tindakan pada siklus I jumlah ketidakhadiran siswa menjadi 7 dengan persentase 10,14% selanjutnya pada siklus II ketidakhadiran siswa menjadi 3 dengan persentase 3,84%.

Kata kunci: menurunkan frekuensi ketidakhadiran, konseling kelompok, teknik latihan asertif.

EKO NUR KHOLIK, S.Pd. SD
SD Negeri 2 Kalimendong, Kec. Leksono, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Tujuan penulisan best practice ini dilakukan untuk mengetahui manfaat dari teknologi informasi dalam proses pembelajaran di SD Negeri 2 Kalimendong pada masa pandemic COVID-19. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada pendidikan di Indoneia. Proses pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah kini menjadi pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah. Pemanfaatan teknologi informasi sangat membantu dalam proses pembelajaran di masa Pandemi COVID-19. Kemajuan teknologi informasi yang sudah sangat maju saat ini, internet bisa menghubungkan siswa dengan guru melalui laman E-learning, whatsapp group, google class, google doc atau google form, zoom. Kemendikbud juga menyediakan platform belajar daring gratis bernama “Rumah Belajar”.Untuk daerah di mana koneksi internetnya tidak terlalu baik, pemerintah bekerja sama dengan TVRI, stasiun televisi negara, untuk menyampaikan materi belajar yang ada di dalam program Belajar di Rumah.Pada tingkat sekolah dasar kelas atas aplikasi yang yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran online adalah aplikasi Teknologi informasidan aplikasi zoom sedangkan untuk kelas bawah aplikasi yang dapat sangat efektif digunakan adalah aplikasi whatshapp group. Dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan siswa tidak lepas dari pengawasan orang tua dan guru.

Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Teknologi Informasi.

IDA SETYAWATI, S.Pd.
SMPN 1 Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Drill bermedia Flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis teks descriptive siswa kelas VIIB di SMPN 1 Pohjentrek Pasuruan tahun pelajaran 2018/ 2019. Praktik pembelajaran terbaik ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian kualitatif dan yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMPN 1 Pohjentrek Pasuruan tahun pelajaran 2018-2019. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Drill dengan Flashcard terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 7 B SMPN 1 Pohjentrek Pasuruan tahun pelajaran 2018/2019 dalam mengikuti pelajaran menulis teks descriptive. Kemampuan menulis teks descriptive siswa dalam penilaian ketrampilan menulis meningkat menjadi 78,26. Kenaikan yang signifikan ini dipicu karena pemilihan materi yang dipilih oleh guru adalah materi yang sangat dekat dengan kehidupan nyata siswa yaitu teman sebangku dan orang yang paling dicintai siswa dalam keluarga dan latihan-latihan di setiap pertemuan dengan metode pembelajaran Drill dengan flashcard yang diulang-ulang.

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks descriptive, flashcard, drill

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.