Jurnal Pendidikan Optimal, Vol. 7, No. 3, 2022

Jurnal Pendidikan Optimal merupakan jurnal yang memuat artikel-artikel pendidikan, baik berupa hasil penelitian maupun non-penelitian, baik berupa kajian pendidikan pada umumnya maupun penelitian pembelajaran.

Jurnal ini terbit 4 (empat) kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Optimal
EdisiVol. 7, No. 3, Juli – September 2022
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit3 Bulanan
PenerbitForum Pena Guru
ISSN2527-7324

DAFTAR ISI

MASMIATI, S.Pd., M.Pd
MTs Negeri 3 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa melalui media kartu mimpi bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sasaran penelitian ini adalah siswi Kelas VIIIB MTs Ngeri 3 Kota Palu pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan non test, dengan alat pengumpul data berupa lembar tugas, lembar post test, dan lembar pengamatan baik oleh guru terhadap siswa maupun terhadap guru oleh kolaborator. Dari hasil kegiatan pembelajaran, penggunaan media kartu mimpi bergambar mampu meningkatkan kemampuan dalam menulis puisi serta mampu memberikan motivasi dan kesenangan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIIIB MTs. Alkhairaat Pusat Palu tahun ajaran 2015/2016. Pada prasiklus 65,23 dengan ketuntasan 34,61%, siklus I nilai rata-rata meningkjat menjadi 74,61 dengan ketuntasan 76,92%. Peningkatan kembali terjadi pada siklus II rata-rata 82,92 denganketuntasan 96,15%).

Kata kunci: menulis puisi, kartu mimpi bergambar, media belajar

HERI PUJI ASTUTI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan upaya menerapkan metode inkuiri dengan kartu konflik dalam menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Bendo tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 69,69 dengan ketuntasan 53,13% pada KKM 75. Pada siklus II nilai ratarata kelas baru mencapai 80,63 dengan ketuntasan 93,75% pada KKM 75. Hal ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode kartu konflik, siswa mampu meningkatkan hasil belajarnya. Sehingga ketuntasan belajar klasikal dapat tercapai.

Kata Kunci : prestasi siswa melalui metode inkuiri, IPS

SAROH, S.Pd.SD.
SDN 2 Tempuranduwur, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Papan Flanel Pintar (PALAPA) yang layak digunakan dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Negeri 2 Tempuranduwur Kecamatan Sapuran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) dengan sembilan langkah, yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Papan Flanel Pintar (PALAPA) yang terdiri dari papan flanel, boneka tangan anggota keluarga, boneka angka, boneka buah, kartu soal, dan buku petunjuk. Materi yang disampaikan yaitu materi kelas 1 Tema 4 Keluargaku Subtema 2 Kegiatan Keluargaku pembelajaran bahasa Indonesia tentang penggunaan kata tolong dan terima kasih, matematika tentang pola bilangan dan PPKn tentang meminta izin.

Kata kunci: pengembangan media, papan flanel, pembelajaran tematik

PAMUJI, S.Pd, M.Pd.
Pengawas SD, di Lingkup Dinas Pendidikan Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur

Asbtrak: Tujuan penelitian ini untuk melakukan pembinaan melalui pembuatan template, sehingga diharapkan dapat mempermudah para peserta binaan untuk membuat KOSP secara sistematis dan efektif. Pembinaan dilaksanakan dalam 2 siklus (2 kali pertemuan). Pada pelaksanaan Siklus I (pertemuan ke-1), para kepala sekolah dari 26 (dua puluh enam) SD binaan dibagi menjadi 6 (enam) kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 4 hingga 5 orang. Pada tahap inti, peneliti selaku Pengawas sekaligus narasumber memberikan template KOSP yang telah dipersiapkan sebelumnya, kemudian masing-masing kelompok diberi tugas untuk membuat KOSP berdasarkan template yang ada. Dalam kegiatan akhir, peneliti beserta seluruh peserta melakukan refleksi serta evaluasi, untuk membuat perbaikan/revisi pada template KOSP awal. Sebelum kegiatan pembinaan diakhiri, seluruh kepala sekolah diberi tugas untuk membuat KOSP sesuai dengan karakteristik lembaga masing-masing, dengan memperhatikan hasil revisi KOSP. Pada pelaksanaan Siklus II (pertemuan ke-2), seluruh kepala sekolah memaparkan KOSP milik lembaga masing-masing secara bergiliran, sedangkan audience melakukan tanya jawab serta berhak memberikan masukan untuk perbaikan. Pada akhir kegiatan, selain melakukan refleksi, peneliti selaku pengawas SD memberikan kesempatan kepada kepala sekolah/lembaga yang belum bisa membuat KOSP secara sistematis untuk berkolaborasi dengan kepala sekolah lain. Pembinaan kepala sekolah mempergunakan template terbukti secara efektif dapat meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam membuat KOSP IKM. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan indikator penilaian dari segi kelengkapan, sistematika penulisan, dan pemahaman isi paparan. Jika pada pelaksanaan Siklus I diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 52,1%, maka pada pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,8%.

Kata Kunci: pembinaan, kepala sekolah, template KOSP

NURUL DEWI HERAWATI, S.Pd
SMP Negeri 2 Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan limbah anorganik di SMP Negeri 2 Barat, Magetan. Pengolahan limbah anorganik maupun organik memiliki prinsip yang sama, yaitu dengan sistem 3R: redus, reuse, recycle. Reduce berarti mengurangi, Reuse berarti menggunakan kembali, dan Recycle berarti mendaur ulang limbah. Proses pengolahan sederhana yang dapat dilakukan untuk bahan limbah anorganik lunak: (1) Pemilahan bahan limbah anorganik. (2) Pembersihan limbah anorganik (3) Pengeringan, (4) Pewarnaan (5) Pengeringan setelah pewarnaan, (5) Penghalusan bahan agas siap pakai. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata awal kreativitas belajar siswa yaitu 59,92 dan setelah pembelajaran dengan pemanfaatan limbah anorganik meningkat menjadi 73,13.

Kata Kunci: kreativitas siswa, memanfaatkan limbah anorganik, prakarya

HANDRI WAHYUNINGSIH, S.Pd.
SMP Negeri 1 Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan MetodeReactive teaching berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Bendo Semester Genap tahun pelajaran2021/2022. Pokok bahasan atau kompetensi dasarnya adalah“ Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra Aksara “.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 bulan yaitu Januari, Pebruari dan Maret 2022.Adapun hasil belajar sebagai berikut: pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73.06 (dengan ketuntasan 58.06%) yang masih di bawah KKM dengan minat belajar kurang. Kemudian penulis melakukan refleksi pada siklus 2 dengan memperoleh nilai rata-rata 81.45 (dengan ketuntasan 93.55%) dengan minat belajar meningkat dan dengan kategori tuntas. Dengan menggunakan metode reaktive teaching ternyata bisa meningkat minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Bendo mengalami peningkatan.

Kata kunci: metode reactive teaching, media gamba, IPS

SRI SUBEKTI, S.Pd.
SDN 1 Rimpak Kec Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan dari sebuah produk berupa Multimedia pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk materi peredaran darah manusia dalam pembelajaran tematik kelas 5 tema 4 subtema 1. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subyek dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Rimpak Kecamatan Sapuran yang terdiri dari 15 siswa sebagai subyek ujicoba implementasi kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan dapat dikatakan layak. Produk telah melalui tahap perencanaan, validasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Hasil validasi materi terakhir memperoleh skor 95 dengan persentase 100% dan dapat dikategorikan “sangat layak”. Hasil validasi dari segi media mendapatkan skor akhir 100 dengan persentase 100% dan termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil ujicoba implementasi terhadap kelompok kecil memperoleh skor dengan persentase 96,44% dan dalam kategori “sangat layak” dan tingkat kemudahan sebesar 97,62%.

Kata kunci: multimedia interaktif, android, peredaran darah manusia

RATNAWATI, S.Pd
SMK Negeri 4 Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas pelajaran Sejarah Indonesia dengan menggunakan metode Discovery Learning dalam meningkatkan prestasi belajar di kelas X.GP2 SMK Negeri 4 Bojonegoro tahun 2019/2020. Materi pelajaran Sejarah Indonesia yang dipelajari adalah sub pokok bahasan ”Sebelum Mengenal Tulisan”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan Juli sampai bulan Agustus tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatkannya minat belajar siswa dapat peninigkatan hasil belajar siswa. Dari hasil data diatas dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas X.GP2 sebelum penelitian adalah 64,1 (rendah) dengan ketuntasan 61,11%, siklus I adalah 74,1 (cukup) dengan ketuntasan 91,67%, dan siklus II adalah = 87,5 (baik) dengan ketuntasan 100%. Hal ini menandakan keberhasilan dalam meningkatan pemahaman siswa maka secara langsung prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 4 Bojonegoro Provinsi Jawa Timur akan meningkat dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Kata Kunci: hasil belajar, minat, Metode Discovery Learning, sejarah Indonesia

SRI PALUPI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning dengan pendekatan struktural ”Think-Pair-Share” dalam meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran IPA pada materi pokok Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional pada siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini terjadi perubahan yang signifikan pada hasil belajar (prestasi) dari Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu dari siklus I: 70.16 (ketuntasan 51.61%) meningkat menjadi 79.52 (ketuntasan 93.55%) pada siklus II maka dapat disimpulkan ada Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode ”ThinkPair-Share” Pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: prestasi belajar IPA., Metode ”Think-Pair-Share”

MOH SAIQUDIN HAKIM, S.Pd.,M.Pd.
SDN 5 Joho, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 5 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah. Rata-rata kompetensi profesional guru dalam mengembangkan materi pembelajaran pada siklus 1 sebesar 70,45 dengan kriteria cukup. Pada siklus II Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 88,64 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SD Negeri 5 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/ 2022 dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.

Kata Kunci : supervisi kolaboratif, pemahaman guru

SRI BRAHMI SUBAHASTI, S.Pd.
SDN Sadengrejo, Kec. Rejoso, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan media kartu kata bagi siwa Kelas V UPT Satuan Pendidikan SDN Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desaian penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi meningkat dari kondisi awal, siklus I, Siklus II, dan tes akhir dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai yaitu di siklus I = 70, siklus II = 72, dan tes akhir = 76. Pada siklus I yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 27 dari 34 siswa atau mencapai 79%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 29 siswa atau mencapai 85%, dan pada tes akhir siswa yang mencapai ketuntasan minimal ada 32 siswa dari 34 siswa atau mencapai 94%.

Kata Kunci: menulis puisi, media kartu kata

SUGITO, S.Pd.
SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan lompat jauh dengan mengintensifkan latihan otot kaki melalui pembiasaan latihan Scot Jump pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2021/2022.. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahapaan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus mengalami peningkatan yang signifikan.. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: Ada Peningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Dengan Mengintensifkan Latihan Otot Kaki Melalui Pembiasaan Latihan Scot Jump Pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 63,9 dengan ketuntasan 13% pada KKM 70; pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 87,3 dengan ketuntasan 100% pada KKM 70. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata Kunci: lompat jauh, latihan otot kaki, latihan Scot Jump

Klik tanda pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan klik tautan berikut.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.